Minum Kopi Sebelum Makan?, Apa yang Akan Terjadi pada Tubuh Kita

Jakarta – Menyesap kopi di pagi hari adalah rutinitas pagi banyak orang yang tak pernah terlupa.

Kebanyakan orang minum kopi saat makan pagi, dan sebagian lagi menikmati kopi sebelum waktu sarapan atau segera setelah terbangun dari tidur.

Hal ini dilakukan lantaran kopi kaya akan kafein, sehingga akan diseduh untuk menghilangkan kantuk dan meningkatkan suasana hati serta kewaspadaan.

Lantas, apa yang akan terjadi pada tubuh saat kita minum kopi tanpa makan terlebih dahulu?

Baca juga: Hindari Minum Kopi Sebelum Naik Pesawat, Ini 3 Alasannya

Minum kopi dalam kondisi perut kosong
Beberapa penelitian menyatakan, seseorang yang memulai hari mereka dengan secangkir kopi, baik itu espresso, cappucino, atau pun latte, dapat memengaruhi kemampuan alami tubuh dalam menjalankan fungsinya.
Dilansir dari Tasting Table, ahli gizi Carlyn Rosenblum mengatakan, minum kopi di pagi hari sebelum makan apa pun dapat mengganggu fungsi reguler kortisol.

Dalam beberapa kasus, minum kopi dalam kondisi perut kosong dapat menyebabkan kortisol melonjak pada waktu yang tidak terduga.

Kemudian, kata Rosenblum, dalam kasus lain, kondisi tersebut juga dapat menciptakan situasi di mana tingkat kortisol (tingkat stres) akan terus tinggi sepanjang hari.

Dampaknya, minum kopi sebelum makan apapun terlebih dahulu dapat menyebabkan kekurangan energi, kabut otak, dan keinginan untuk mengonsumsi makanan manis yang mengandung karbohidrat.

Oleh karena itu, untuk menghindari efek tersebut, seseorang dianjurkan untuk minum kopi setelah sarapan ataupun setelah makan camilan yang bergizi.

Sebab, tindakan sederhana ini dapat membantu Anda membuat pilihan makanan yang lebih baik sepanjang hari dan menjaga energi Anda tetap tinggi saat menjalani aktivitas sehari-hari.

Jangan minum kopi setelah bangun tidur
Di sisi lain, rutinitas minum kopi sesaat setelah bangun tidur merupakan kebiasaan yang sebenarnya kurang baik. Sebab, di pagi hari, tubuh seharusnya mendapatkan asupan cairan yang cukup dengan air putih.

Hal ini karena saat tidur di malam hari tubuh akan kehilangan cairan, sehingga pilihan minuman yang tepat di pagi hari yakni air putih untuk menghidrasi tubuh.

Mengonsumsi kopi atau minuman berkafein lainnya di pagi hari sesaat setelah bangun tidur hanya akan meningkatkan kadar kortisol.

Namun, hal ini tergantung pada apakah mereka rutin minum kopi di pagi hari atau tidak, menurut penelitian yang dipublikasikan di Psychosomatic Medicine.

Kortisol adalah hormon yang paling terkait dengan stres, biasanya paling tinggi di pagi hari. Sehingga, tubuh seharusnya tidak membutuhkan tambahan kartisol dari kafein di pagi hari.

Dalam studi mereka, para peneliti menemukan bahwa asupan kafein secara teratur menumpulkan dampak kortisol dalam fungsi sehari-hari.

Adapun, konsumsi kafein di pagi hari setelah bangun tidur dapat menyebabkan hormon kartisol alami tubuh tidak bekerja secara maksimal. Akibatnya, tubuh akan menunjukkan gejala lelah ataupun perasaan yang kurang baik.

Kapan waktu terbaik minum kopi?
Menurut penelitian, waktu terbaik bagi tubuh untuk menyeruput secangkir kopi yaitu ketika kadar kortisol dalam tubuh rendah. Ini bertujuan untuk menghindari kegugupan, sekaligus menstabilkan energi dan suasana hati.

Para peneliti mengatakan, secara biologis kadar hormon kortisol seseorang akan memuncak antara pukul 8 hingga 9 pagi, tengah hari hingga pukul 1 siang, dan pukul 17.30 hingga 18.30.

Dilansir dari Kompas.com (31/5/2023), saat kadar kortisol tubuh berada pada titik terendah, maka itu waktu terbaik bagi tubuh untuk mendapatkan manfaat dari stimulan seperti kopi.

Sebaliknya, saat bangun tidur, Anda harus menunggu setidaknya 1,5 hingga 2 jam sebelum mengonsumsi kopi. Hal ini bertujuan untuk mengatur ulang ritme sirkadian.

Berikut ini waktu terbaik untuk minum kopi berdasarkan sains:

Jika bangun antara pukul 6-7 pagi, sebaiknya minum kopi antara pukul 9.30 dan 11.30.
Jika bangun antara pukul 8-9 pagi, sebaiknya minum kopi antara pukul 10.30 dan 12.30.
Jika bangun antara pukul 10-11 pagi, sebaiknya minum kopi antara pukul 13.30 dan 15.30.
Jika bangun antara tengah hari sampai pukul 1 siang, sebaiknya minum kopi antara pukul 16.30 dan 18.30.
Jika bangun antara pukul 14.00-15.00, sebaiknya minum kopi antara pukul 19.30 dan 21.30.
Kendati demikian, Anda juga perlu memperhatikan efek minum kopi yang mungkin terjadi, seperti mulas, pusing, atau gangguan tidur.

Adapun bila tubuh memiliki masalah terkait dengan kopi, misalnya sulit untuk tidur, maka minum kopi di atas pukul 14.00 tentu tidak disarankan karena akan membuat Anda semakin susah mendapatkan kantuk.

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *