by

Meski Omicron Meningkat, BOR Jakarta Turun

Jakarta: Tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit kian menurun, berbanding terbalik dengan jumlah kasus Covid-19 varian Omicron.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menjelaskan, saat ini hanya 2.215 unit tempat tidur rumah sakit terpakai dari total kapasitas 6.705 unit.

“Tapi tempat tidur ini alhamdulilah ya dari 6.705 terpakai 2.215, turun menjadi 33 persen,” tutur Riza di Balai Kota Jakarta, Jumat (4/3/2022).

Kondisi serupa kata dia juga dirasakan pada ruang intensive care unit (ICU). Di mana sebanyak 431 unit terisi pasien dari total 960 unit.

Lebih lanjut ia memastikan bakal terus meningkatkan sarana dan prasarana pendukung penanganan Covid-19, seperti tenaga kesehatan, ketersediaan tempat tidur hingga obat-obatannya.

Namun menurutnya, jauh lebih penting adalah partisipasi masyarakat dalam menekan penularan dengan menerapkan protokol kesehatan dalam keseharian mereka.

Padahal, lanjut Riza, saat ini kasus Covid-19, termasuk varian Omicron di Jakarta mengalami peningkatan.

Baca juga: Riza Patria Akui Omicron Meningkat di Jakarta

“Omicron di DKI sudah mencapai 4.830 orang, dengan kasus impornya 1.775, kasus transmisi lokal 3055 atau sama dengan 63 persen ya,” jelasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.