by

Menggenangi Puluhan Hektar Sawah, Banjir Tasikmalaya

Jakarta: Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan banjir melanda Desa Banjarsari, Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, pada Minggu (26/6) dini hari, menggenangi 85 hektar persawahan.

Tercatat enam kepala keluarga terdampak dengan tinggi muka air (TMA) sekitar 50 hingga 100 sentimeter.

“Hingga kini belum ada laporan terkait korban jiwa dan pengungsi dari peristiwa tersebut,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam siaran pers BNPB yang diterima rri.co.id, Senin (27/2022).

Pada saat kejadian, lanjutnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya langsung menerjunkan tim ke lokasi terdampak, untuk melakukan monitoring, pendataan, dan evakuasi jika ada masyarakat yang ingin mengungsi ke tempat lebih aman.

BPBD, tambahnya, terus melakukan koordinasi dengan perangkat daerah setempat guna melakukan langkah-langkah penanganan bencana dan mengimbau masyarakat agar tetap waspada.

Merujuk prakiraan cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG, imbuhnya, wilayah Kabupaten Tasikmalaya pada hari ini dan besok didominasi cuaca hujan ringan sepanjang hari.

Meskipun prakiraan cuaca hujan dengan intensitas ringan, masyarakat dan perangkat daerah diimbaunya untuk tetap waspada dan melakukan langkah-langkah kesiapsiagaan menghadapi banjir.

“Dengan membersihkan saluran air, selokan maupun sungai agar aliran air tidak tersumbat dan menyebabkan air tergenang hingga permukiman warga ketika hujan terjadi,” pungkasnya.