by

Memberikan Penilaian Jarak Jauh dengan Integritas

HarianNasional.Co, – Penilaian adalah faktor terpenting dalam mengukur efektivitas pembelajaran yang juga berfungsi sebagai saluran komunikasi antara siswa dan pendidik, terutama di lingkungan pembelajaran online. Sementara pengaturan kelas tatap muka memungkinkan pendidik untuk mengamati siswa secara fisik, pembelajaran online dapat menghapus beberapa metode tradisional yang digunakan pendidik dalam memeriksa kemajuan siswa. Karena pendidik lebih mengandalkan penilaian digital, sangat penting untuk memastikan bahwa tidak ada siswa yang mendapatkan keuntungan yang tidak adil atau tertinggal dalam pengaturan pembelajaran jarak jauh. Dengan penilaian inklusif, pendidik memiliki kesempatan untuk mengumpulkan informasi berharga dan membantu meningkatkan pengajaran, serta meningkatkan efektivitas kurikulum, terlepas dari platform atau format apa pun. Ini juga memungkinkan mereka untuk memperkuat hubungan guru-murid melalui umpan balik dan interaksi positif.

Hosting Unlimited Indonesia

Efektivitas pendidik dan pembelajaran siswa pada akhirnya akan bergantung pada integritas desain dan penyampaian penilaian. Selain itu, sementara pentingnya penilaian tampak besar di lingkungan pembelajaran online, mengadaptasi penilaian langsung agar sesuai dengan pengiriman jarak jauh bukanlah tanpa tantangan.
Tantangan integritas akademik di lingkungan pembelajaran jarak jauh saat ini
Institusi pendidikan bertanggung jawab untuk menjaga pengaturan penilaian terhadap pelanggaran akademik sambil memastikan bahwa siswa yang menyerahkan pekerjaan mereka dalam situasi yang penuh tantangan seperti sekarang ini diperlakukan secara adil. Mereka juga perlu mempertimbangkan jumlah kegiatan yang ditugaskan kepada siswa dan memastikan bahwa mereka memiliki waktu yang cukup untuk menghasilkan karya terbaik mereka. Dalam kebanyakan kasus, untuk mengimbangi kurangnya interaksi langsung, pendidik cenderung memberikan lebih banyak pekerjaan tertulis dan tugas kinerja, yang dapat membebani siswa dan mendorong mereka menggunakan jalan pintas untuk menyelesaikan persyaratan tugas.

Kurangnya interaksi tatap muka dapat memperumit proses penilaian dan membawa siswa ke ranah tindakan pelanggaran seperti menggunakan lembar contekan, penjiplakan atau beralih ke bentuk pelanggaran yang lebih ekstrim seperti menyewa jasa joki dan melakukan peniruan identitas. Mereka juga dapat menggunakan bentuk ketidakjujuran akademis lainnya seperti menggunakan mesin terjemahan dan pemintal teks untuk melewati alat integritas, serta generator teks AI dan aplikasi komputasi untuk menjawab ujian asinkronis. Ketika siswa terlibat dalam ketidakjujuran akademik untuk menyelesaikan penilaian, hasil belajar menjadi tidak valid dan pendidik tidak memperoleh informasi akurat yang dapat membantu meningkatkan kualitas pengajaran.

Di Indonesia, sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Lampung tentang pelanggaran akademik di lingkungan pembelajaran online selama pandemi, menemukan bahwa beberapa siswa menganggap pelanggaran akademik sebagai praktik umum. Tekanan untuk mencapai nilai bagus dikombinasikan dengan lebih banyak kesempatan untuk menyontek karena pengaturan pembelajaran online telah berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan ketidakjujuran akademik. Selain itu, penelitian ini menunjukkan bahwa kurangnya kemampuan sekolah untuk mendeteksi kecurangan mungkin mendorong lebih banyak siswa untuk melakukan perilaku ini. Jarak fisik dan kurangnya koneksi ke instruktur dan teman sekelas dapat membuat tindakan ketidakjujuran akademik kurang terlihat dan lebih menantang untuk dikurangi. Masalah integritas akademik dapat bertahan dan terus meningkat jika tidak ditangani dengan benar.

Menjunjung tinggi integritas akademik dalam penilaian jarak jauh
Fungsi penilaian adalah untuk mengukur pemahaman siswa dan mendapatkan wawasan tentang efektivitas pengajaran. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa checks and balances terjalin ke dalam desain dan penyampaian penilaian jarak jauh.

Untuk membantu memastikan integritas akademik dalam penilaian, pendidik dapat mengintegrasikan langkah-langkah berikut:
• Buat beberapa versi tes dengan menyusun ulang urutan pertanyaan untuk mencegah kolusi siswa. Untuk mendukung penilaian dan evaluasi, pendidik dapat menggunakan perangkat lunak penilaian seperti Gradescope dengan fitur Answer Grouping dan analisis pembelajaran bawaan untuk mengidentifikasi pola yang bermakna dalam respons ujian.

• Tetapkan kerangka waktu penyelesaian bagi siswa yang sesuai dengan kebijakan penilaian sekolah dan kalender akademik. Pendidik dapat menggunakan alat seperti penguncian browser dan pelacak pengujian untuk menentukan tenggat waktu dan mengelola lingkungan pengujian.

• Buat pertanyaan penilaian yang mengharuskan siswa untuk menjelaskan pemikiran tingkat tinggi mereka, seperti menunjukkan pekerjaan mereka atau melampirkan video singkat tentang proses berpikir mereka, menggunakan unggahan file Gradescope atau bidang respons bebas.

• Memberikan umpan balik dan dukungan formatif kepada siswa untuk mendorong pemikiran mandiri dan menjunjung tinggi orisinalitas penulisan dan penilaian kode komputer.

• Manfaatkan alat integritas seperti Turnitin Originality untuk memeriksa kesamaan teks dan kode, dan mengidentifikasi manipulasi teks yang disengaja yang dirancang untuk melewati pemeriksa plagiarisme, untuk mendeteksi tanda-tanda kecurangan kontrak.

Penilaian yang bermakna adalah komponen penting dari pembelajaran siswa, terutama dalam pengaturan pembelajaran jarak jauh. Dengan demikian, kesadaran akan bentuk-bentuk pelanggaran akademik yang ada dan yang muncul merupakan elemen dasar dalam menegakkan integritas dan akurasi penilaian bagi lembaga akademik dan pendidik. Dengan mengenali berbagai bentuk pelanggaran dan mendapatkan akses ke teknologi yang dapat membantu mendeteksinya, pendidik diberdayakan untuk merancang penilaian yang akurat dan menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran otentik bagi siswa.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *