Indonesia Cetak Orang Miskin Baru, Resesi Menurunkan Pendapatan Masyarakat Menengah Kebawah

5
(201)

Jakarta: Jumlah orang miskin di Indonesia diprediksi akan bertambah menyusul resminya Indonesia jatuh jurang resesi.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Bhima Yudhistira Adhinegara mengatakan, resesi menurunkan secara signifikan pendapatan di kelompok masyarakat menengah dan bawah.

“Selain itu, desa akan jadi tempat migrasi pengangguran dari kawasan industri ke daerah-daerah karena gelombang PHK massal,” ujar Bhima, dilansir Kompas.com, Jum’at (6/11/2020).

Selain itu, kata Bhima, resesi akan mempersulit angkatan kerja baru makin sulit bersaing karena menurutnya lowongan pekerjaan.

“Masyarakat cenderung berhemat untuk membeli barang sekunder dan tersier. Fokus hanya pada barang kebutuhan pokok dan kesehatan,” kata dia.

Dampak lainnya, yakni meningkatnya konflik sosial di masyarakat karena ketimpangan semakin lebar.

“Orang kaya bisa tetap survive selain karena aset masih cukup juga karena digitalisasi. Sementara kelas menengah rentan miskin tidak semua dapat melakukan WFH, disaat yang bersamaan pendapatan menurun,” ungkapnya.

Diketahui, Badan Pusat Statistik ( BPS) melaporkan, produk domestik bruto (PDB) RI pada kuartal III-2020 minus 3.49 persen (year on year/yoy).

Dengan begitu, Indonesia resmi masuk ke jurang resesi, setelah pada kuartal II-2020 ekonomi RI juga terkonstraksi alias negatif.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 201

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Trump Klaim Menang, Suara Belum Resmi Dihitung

Fri Nov 6 , 2020
5 (201) Jakarta: Meski mengklaim dicurangi dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) Amerika Serikat 2020, capres petahana Donald Trump belum sekalipun memberikan pembuktian. Donald Trump mengatakan, dirinya pasti menang jika semua suara resmi dihitung. “Jika kalian menghitung suara yang resmi, saya pasti menang. Jika kalian menghitung suara ilegal, mereka dapat mencoba mencuri […]