by

Maskapai Terkemuka Alitalia Resmi Tutup

Roma—Maskapai penerbangan andalan Italia, Alitalia, pada Kamis (14/10) melakukan penerbangan terakhirnya setelah 75 tahun beroperasi. Mengakhiri penerbangan, maskapai membawa 180 penumpang dan awak, lepas landas dari Cagliari di pulau Sardinia menuju ibu kota Italia, Roma, lapor Anadolu Agency.

Didirikan pada 16 September 1946, Alitalia muncul di antara maskapai penerbangan terkemuka di Eropa pada 1960-an. Namun, perusahaan milik negara itu sering terkendala masalah keuangan dan sering mendapat bantuan pemerintah.

Meskipun Uni Eropa (UE) memutuskan untuk menolak bantuan keuangan, Alitalia telah menerima sekitar 13 miliar euro dalam bentuk pinjaman darurat dari pemerintah Italia selama 20 tahun terakhir. Pandemi Covid-19 dan pembatasan pergerakan memperburuk krisis keuangan perusahaan.

Setelah Alitalia bangkrut, Italia mendanai maskapai baru Italia Trasporto Aereo (ITA) yang akan menjadi maskapai baru pemerintah. ITA, didirikan dengan investasi € 720 juta, akan melakukan penerbangan pertamanya pada hari Sabtu.

ITA mengambil alih perusahaan tetapi hanya akan mempekerjakan 2.800 stafnya saja. Sementara itu, ribuan karyawan Alitalia lainnya menghadapi pengangguran.

Selama 20 tahun terakhir, Alitalia telah merugikan negara Italia sekitar €13 miliar. Pandemi virus corona terbukti menjadi pukulan fatal bagi perusahaan.

Pada hari Senin, para pekerja berdemonstrasi di Roma untuk meminta dukungan dari pemerintah. ITA akan dimiliki sepenuhnya oleh pemerintah Italia dan akan memulai dengan armada 52 pesawat, dengan jumlah pesawat meningkat menjadi 105 pada akhir tahun 2025, kutip laman euronews.com. (NE)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *