by

Masih Tinggi Permintaan di Sektor Otomotif

Jakarta: Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengungkapkan, permintaan di sektor otomotif masih tinggi.

Hal itu terlihat, dari meningkatnya pertumbuhan ekonomi di sektor tersebut hingga 17.82 persen di tahun 2021. Bahkan di tahun yang sama, sektor ini mampu menyerap sampai 1.5 juta tenaga kerja.

“Ini menunjukan demand pasar per otomotif masih tinggi,” tutur Teten dalam pre-event MotoGP Mandalika 2022 dalam ajang UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) Goes To Mandalika, di Gedung Smesco Indonesia, Jakarta, Minggu (6/3/2022).

Teten mengatakan, kondisi ini secara langsung juga mampu meningkatkan sektor lainnnya termasuk UMKM, terutama yang berorientasi pada suku cadang kendaraan. Ia pun mendorong, UMKM turut serta dalam pertumbuhan industri.

Ia mengingatkan, event MotoGP Indonesia yang dijadwalkan 20 Maret 2022 mendatang, merupakan agenda internasional untuk mengangkat industri otomotif nasional dan suplai chainnya.

Sehingga, ia meminta agar keterlibatan UMKM nanti memiliki target -target yang terukur.

“Saya kira kalau 10 tahun gak bangkit, wah keterluan. tapi saya optimis dalam 10 tahun kita bisa menggerakkan industri otomotif nasional berkelas dunia,” jelasnya.

Sebagai informasi, pre-event MotoGP Mandalika 2022 dalam ajang UMKM Goes To Mandalika merupakan kolaborasi kementerian koperasi dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA), dan Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Adapun kegiatan dari acara ini terdiri dari pameran 60 UMKM bidang otomotif dan 40 UKM travel dan lainnya, serta diadakan coaching clinic, safety riding oleh imi, atraksi freestyle, pelepasan Team Riders Goes To Mandalika.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.