by

Marullah Matali, Posisi Sekda DKI Digeser Jadi Deputi Gubernur

Jakarta – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono melantik Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Marullah Matali sebagai deputi Gubernur bidang Budaya dan Pariwisata, di Balai Agung, Balai Kota Jakarta, Jumat 2 Desember 2022.

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi mengatakan, pelantikan ini sebagai bentuk penyegaran, sekaligus dalam rangka membantu tugas Heru Budi, mengingat Pj Gubernur DKI saat ini tidak memiliki wakil.

“Jadi pelantikan tadi kita membuat penyegaran, kasihan juga Pak Pj Gubernur ini kan sendiri, mungkin kesibukannya dia sangat padat,” kata Pras sapaan akrabnya, kepada wartawan di Jakarta, Jumat 2 Desember 2022.

Menurut Pras, kekosongan kursi deputi Gubernur menjadi alasan dilantiknya Sekda Marullah Matali. Selain itu, nantinya deputi Gubernur juga dapat mewakili Pj Gubernur ketika berhalangan hadir.

“Kalau misalkan beliau (Pj Gubernur) tidak bisa hadir, dia bisa mewakili Gubernur itu aja. Deputi kosong engga ada orang, sendiri intinya seperti itu,” kata Pras.

Adapun untuk kekosongan Sekda DKI bakal diisi oleh Uus Kuswanto sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekda DKI Jakarta. Pasalnya, untuk posisi Sekda DKI sudah menjadi kewenangan pemerintah pusat, dalam hal ini Presiden Joko Widodo untuk memilih.

“Kalau sekda di tangan pemerintah pusat. Nanti assesment baru siapa orang-orangnya. (Namanya) saya enggak tahu karena terbuka, dari Mendagri terbuka. Maksud saya, apakah dari Mendagri mengusulkan satu nama lagi, satu calon definitif, saya enggak tahu,” ucapnya.