Ma’ruf Amin: Merger Bank Syariah Perkuat Ekosistem Keuangan

5
(1)

ilustrasi

Jakarta – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengatakan penggabungan tiga bank syariah Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) bertujuan untuk memperkuat ekosistem keuangan dan ekonomi, khususnya di bidang syariah, serta menjadikannya mampu bersaing di tingkat global.

“Dalam rangka memperkuat kelembagaan keuangan syariah di dalam negeri dan meningkatkan partisipasi Indonesia dalam perekonomian syariah global, Pemerintah saat ini telah memulai penggabungan tiga bank yang dimiliki Himbara,” kata Ma’ruf Amin dalam pidato kunci pada web seminar tentang “Potensi Ekonomi Syariah Pascapandemi” secara virtual dari Jakarta, Selasa (27/10).

Khusus di bidang keuangan syariah, lanjut Ma’ruf Amin, Indonesia selama ini telah memiliki ekosistem lengkap melalui berbagai regulasi dan kebijakan, pelaku usaha, serta potensi jumlah penduduk Islam yang dapat mendukung keberadaan ekonomi dan keuangan syariah di dalam negeri.

Namun, Ma’ruf menilai masih ada beberapa kekurangan yang membuat keuangan syariah di Indonesia belum beroperasi secara optimal.

“Seperti, belum optimalnya peran lembaga keuangan syariah besar yang dapat menjadi jangkar bagi lembaga keuangan syariah lainnya, lalu belum masifnya keberadaan lembaga keuangan mikro syariah sebagai lembaga yang melayani masyarakat paling bawah,” kata Wapres menjelaskan.

Oleh karena itu, selain merger bank syariah milik negara itu, Ma’ruf mengatakan bahwa Pemerintah akan memperbanyak lembaga keuangan ultra mikro dan mikro yang bersifat syariah, seperti pendirian Bank Wakaf Mikro (BWM), Baitul Maal wa Tamwil (BMT) dan penyediaan kredit usaha rakyat (KUR) syariah.

“Dengan adanya berbagai kebijakan tersebut, tidak ada alasan kekhawatiran dari beberapa pihak bahwa rencana merger beberapa bank syariah milik Pemerintah itu akan menutup akses UKM dalam mendapatkan permodalan,” tukasnya.

Menurut Wapres, justru dengan penggabungan bank-bank syariah tersebut, Pemerintah menyediakan ekosistem keuangan syariah yang lengkap mulai dari jangkauan permodalan paling kecil hingga besar.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Libur Panjang, Warga Jakarta Diimbau di Rumah

Wed Oct 28 , 2020
5 (1) Jakarta: Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengingatkan masyarakat Jakarta untuk tidak berlibur keluar Jakarta dan tetap berada di rumah saja selama libur panjang dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad “Sekali lagi usahakan tetap dirumah. Usahakan untuk selalu berada di lingkungan yang aman yaitu dimana, dirumah kita,” kata Anies […]