by

Manfaat Buah Matoa Turunkan Kadar Gula Darah

Samarinda: Kulit, biji, dan daging buah matoa diketahui memiliki potensi sebagai antioksidan dan antimikroba alami. Faktanya, kulit buah matoa memiliki aktivitas antioksidan yang tertinggi dibandingkan dengan biji dan daging buahnya.

Khasiat buah matoa diduga kuat berasal dari banyaknya kandungan senyawa polifenol, meliputi asam fenolat, flavonoid, tanin, saponin, dan alkaloid yang membawa manfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.Dilansir dari alodokter com,

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah matoa yang penting untuk diketahui:

1. Menurunkan kadar gula darah

Beberapa riset menunjukkan bahwa ekstrak buah matoa dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil. Senyawa fenolik yang terkandung dalam ekstrak buah ini diketahui mampu menurunkan penyerapan gula darah di usus, sehingga baik dikonsumsi untuk melindungi dari penyakit diabetes.

2. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat buah matoa dalam menjaga kesehatan jantung datang dari efek antioksidan polifenol di dalamnya yang mampu mengurangi peradangan, menurunkan tekanan darah, sekaligus mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL).

Dengan khasiat ini, memumgkinkan akan terlindungi dari penyakit kardiovaskular, termasuk gagal jantung, serangan jantung, dan stroke.

3. Melancarkan pencernaan

Buah matoa telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu melancarkan pencernaan.

Manfaat buah matoa ini diduga berasal dari kandungan antioksidan di dalamnya yang mudah diserap oleh usus, mampu meningkatkan jumlah bakteri baik atau probiotik, dan mencegah pertumbuhan bakteri jahat pada usus.

Jika pencernaan lancar, risiko Anda untuk terkena berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit, diare, hingga penyakit radang usus, akan berkurang.

4. Mencegah penyakit kanker

Berkat kumpulan senyawa bioaktifnya, buah matoa juga berpotensi untuk mencegah penyakit kanker.

Aktivitas antioksidan dari senyawa bioaktif ini diketahui mampu melawan radikal bebas berlebih dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan jaringan tubuh. Kerusakan tersebut dapat berujung pada kerusakan organ hingga tumbuh nya sel kanker.

Tentunya, tidak ada satu makanan ajaib yang bisa menangani semua masalah dan memenuhi kebutuhan tubuh. Jadi, konsumsi buah matoa perlu dibarengi dengan konsumsi berbagai buah dan makanan bergizi dan tinggi antioksidan yang lainnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *