by

Malam Tahun Baru, Pemprov Jakarta Sidak Keliling

Jakarta: Wakil Gubernur Jakarta, Ahmad Riza Patria mengungkapkan, jajarannya akan melakukan sidak berkeliling Ibu Kota pada malam pergantian tahun baru 2021-2022.

Langkah ini ditempuh untuk mencegah terjadinya kerumunan yang berpotensi menularkan Covid-19.

“Bahkan kita akan melakukan sidak keliling,” tutur Riza di Balai Kota Jakarta, Kamis (30/12/2021).

Riza menjelaskan, kepolisian juga akan menutup sejumlah ruas jalan di Jakarta.

Ia menekankan, seluruh kegiatan seperti pesta kembang api, arak-arakan, konser seperti layaknya sebelum pandemi dilarang dilakukan. Namun, ia tak menyampaikan secara gamblang ada tidaknya sanksi terhadap mereka yang melanggar.

“Kebijakan pemprov dki jakarta sudah disampaikan memasuki tahun baru tidak boleh ada kegiatan kembang api, tidak boleh ada kegiatan arak-arakan, bahkan tidak boleh ada kegiatan malam tahun baru, tidak ada konser, tidak ada musik seperti tahun-tahun sebelumnya ketika sebelum ada pandemi,” paparnya.

Di sisi lain, ia memastikan pembatasan ditengah pandemi Covid-19 di Jakarta tidak akan diperketat, tapi mengacu pada aturan dalam PPKM Level 1 yang berlaku. Termasuk aturan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) terkait malam pergantian tahun.

“PPKM kan kita alhamdulillah level 1 di dki jakarta, kemudian sudah ada kebijakan dari pak mendagri terkait pembatasan kegiatan, pembatasan jam operasional, kapasitas, semua kita melaksanakan apa yang dibuat, diputuskan oleh pemerintah pusat, oleh satgas pusat, oleh pak mendagri. Jadi pemprov akan mengacu kepada kebijakan yang ada,” tandasnya.

Diketahui, sebanyak 10 ruas jalan akan ditutup dari kendaraan yang melintas pada 31 Januari 2021 atau malam Tahun Baru 2022. Kasubdit Gakkum Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono mengatakan, 10 ruas jalan yang ditutup itu adalah Jalan Sudirman sampai Jalan MH Thamrin, kawasan Kemang dari Prapanca sampai Kober, kawasan Bulungan Barito dari Kejaksaan Agung sampai Melawai, kawasan Gunawarman Senopati Jalan Suryo SCBD.

Kemudian, seputaran Asia Afrika, seputaran Kota Tua, seputaran Banjir Kanal Timur (BKT), di seputaran Kemayoran, seputaran Kelapa Gading dan di kawasan Monas.

Meski ditutup, namun pengunjung hotel dan kendaraan darurat diizinkan melintas di Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin yang termasuk dalam jalan yang ditutup di malam pergantian Tahun Baru 2022. Semua kafe dan tempat yang tersebar di 10 ruas jalan tersebut wajib tutup pukul 22.00 WIB.

Kemudian pukul 23.00 WIB, aparat gabungan akan berkeliling memeriksa seluruh kafe dan lokasi tersebut untuk memastikan lokasi sudah sepi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *