by

Makan Nasi Kotak, Shin Tae-yong Kritisi Kurangnya Nutrisi Pemain Garuda Di AFF 2021

Jakarta: Perjuangan Tim Nasional (Timnas) Sepakbola Indonesia di ajang Piala AFF 2020 tidak hanya ditentukan dari persiapan teknis di lapangan, namun hal yang sederhana seperti perihal makanan juga memegang peran penting.

Sebagaimana disampaikan Pelatih Kepala Timnas Garuda Shin Tae-yong dalam keterangannya kepada media. Menurut Shin asupan nutrisi yang cukup akan membantu proses recovery (pemulihan) para pemain usai pertandingan. Hal ini tentu menjadi perhatian Shin, mengingat laga terakhir Pasukan Merah putih di leg kedua semifinal Piala AFF bersama Singapura harus dilakoni selama 120 menit lamanhya.

“Memang ini bagian yang sangat sulit bagi pemain untuk pemulihan secara fisik. Apalagi kami sedang di dalam bubble system,” ujar Shin dalam keterangan kepada media secara virtual pada Selasa (28/12/2021).

Bagi Shin, sistem bubble yang diterapkan oleh panitia AFF mungkin membantu untuk menjaga tim peserta dari kontak dengan pihak luar. Namun, sistem ini tidak mandukung anak asuhnya mendapatkan nutrisi yang cukup. Karena makanan yang diterima diberikan dalam bentuk box (kotak) yang telah dibatasi.

“Jadinya kami tidak bisa memberikan nutrisi bergizi yang cukup bagi para pemain. Harusnya para pemain diberikan makanan yang bergizi dengan cukup agar bisa mencapai pemulihan yang diinginkan,” tutur Shin.

“Tapi karena kita makan dari kotak makan dan dibatasi sehingga agak sedikit kurang untuk nutrisi pemain. Jadi itu yang masih menjadi kekhawatiran bagi saya sekarang,” lanjut Shin menerangkan.

Indonesia akan bertemu Thailand pada partai final Piala AFF 2020 yang akan berlangsung pada dua leg yaitu, 29 Desember 2021 dan 1 Januari 2022 di National Stadium, Singapura.

Dikutip dari situs 11v11, Timnas Indonesia dan Thailand tercatat sudah 78 kali bertemu di semua kompetisi termasuk Piala AFF. Hasilnya, Skuad Garuda mampu meraih 25 kemenangan, 14 kali imbang, dan 39 kali menelan kekalahan dari Pasukan Gajah Perang.

Sementara di Piala AFF, Indonesia dan Thailand tercatat telah 12 kali bersua. Dimana Pasukan Merah Putih baru mampu mencatatkan 3 kali kemenangan dan telah menerima 9 kali kekalahan.

Thailand sendiri merupakan negara dengan koleksi trofi terbanyak di gelaran AFF yaitu sebanyak 5 trofi, sedangkan Indonesia menjadi negara peraih runner up terbanyak setelah 5 kalim mencapai final.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *