by

Mahfud Pastikan Situasi Politik Kondusif Jelang Pemilu 2024

Jakarta: Menko Polhukam Mahfud MD menegaskan menjelang Pemilu 2024 situasi politik kondusif. Hal ini bisa dilihat dari proses tahapan pemilu yang berjalan lancar dan kondusif.

“Sekarang ini kondusif. Itu dapat dilihat bagaimana tahapan-tahapan Pemilu dapat dijalani dan semuanya sudah berjalan sesuai jadwal,” kata Mahfud kepada Pro 3 RRI, Sabtu (14/1/2023).

Selain itu, kata ia, kepastian pelaksanaan Pemilu 2024 dapat digelar tergantung partai politik yang ada di DPR. “Saya lihat DPR juga siap untuk melaksanakan Pemilu, kemarin Presiden kelima bu Megawati Soekarnoputri sebagai ketua umum PDI Perjuangan mengumumumkan pemilu harus dilaksanakan, artinya dari sudut politik sudah siap,” ujarnya.

Mahfud juga menegaskan bahwa pemerintah siap menyelenggarakan Pemilu 2024. “Siap dari sudut instrumen hukum, kelembagaan, dan financial juga kita siapkan dan sampai hari ini semua tahapan tepat waktu,” ujarnya.

Menyinggung sistem pemilu proporsional terbuka atau tertutup, Mahfud menilai hal itu tidak mempengaruhi tahapan Pemilu. “Itu tidak akan berpengaruh karena soal terbuka atau tertutup hanya berdasarkan nomor urut tetapi formulirnya tetap saja dan tidak akan berpengaruh kepada proses,” ucapnya.

Menurutnya, apapun keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait judicial review sistem pemilu, pemerintah akan mengikutinya. “Misalnya MK memutuskan proporsional tertutup kita tinggal menyesuaikan saja,” ucapnya

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *