by

Longsor dan Kebakaran Melanda Tangerang

Tangerang: Usai sejumlah kawasan permukiman warga dan beberapa ruas jalan terendan banjir, dua bencana kembali melanda Kabupaten Tangerang, Banten.

Pertama longsor terjadi di Pondok Pesantren Assyzahu, Kampung Legok, Desa Legok, Kecamatan Legok.

“Kejadiannya di area pondok pesantren, tepatnya di area belakang tempat para santri mencuci piring,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tangerang Abdul Munir kepada RRI.co.id, Kamis (19/5/2022).

Saat kejadian, sambung Munir, tidak ada orang yang berada di area belakang sehingga, tidak menimbulkan korban jiwa atau luka.

Namun dikhawatirkan terjadi longsor susulan, sehingga pihak BPBD Kabupaten Tangerang memberikan garis batas atau jarak aman agar tidak ada yang masuk area tersebut.

“Kita kasih jarak batas atau garis aman, karena khawatir tananhnya belum stabil, dan saat ini tim sedang membantu membereskan puing-puing,” ujarnya.

Bencana kedua, sambung Munir, kebakaran melanda rumah di Perumahan Dasana Indah, Blok RI 17, RT.13 RW.15 Desa Bojong Nangka, Kecamatan Cikupa.

Belum diketahui kerugian materi serta penyebab kebakaran.

“Sedangakan, dalam melakukan pemadaman diterjunkan sebelas personel dan empat mobil pemadam kebakaran,” tutur Munir.

Sebelumnya banjir melanda sejumlah kawasan permukiman dan jalan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang, Ujat Sudrajat mengatakan, genangan banjir bersifat sementara.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya belum dapat menginformasikan lebih detail terkait jumlah pasti rumah warga yang terdampak banjir tersebut, karena masih menunggu laporan dari anggota di lapangan.

Ia mengungkapkan, untuk situasi dan kondisi dari beberapa titik yang di informasikan tergenang banjir itu, kini telah surut dan kembali normal.

“Saat ini sudah mulai surut. Namun, diharapkan tetap masyarakat waspada karena bukan hanya banjir, longsor dan kebakaran juga bisa mengintai,” tuntasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.