by

Lihat Manfaatnya Bagi Tubuh , Mendengarkan Musik

Jakarta: Musik merupakan kesenian dalam menyusun suara atau nada sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan.

Maka dari itu tidak heran jika musik banyak didengarkan oleh banyak. Namun jangangan salah, ternyata mendengarkan musik banyak manfaatnya untuk kesehatan rohani kita.

Apa saja manfaat yang bisa ditimbulkan dari mendengarkan musik? berikut rangkumannya.

1. Musik membuatmu merasa terhubung dengan dunia

Dalam sebuah jurnal yang dipublikasikan di Frontiers in Psychology, salah satu fungsi musik yang paling penting adalah menciptakan perasaan kohesi atau keterhubungan sosial.

Dengan kata lain, musik menjadi cara yang ampuh untuk menyatukan orang-orang. Misalnya, lagu cinta bisa menciptakan ikatan dengan pasangan semakin terasa, atau lagu kebangsaan bisa menyatukan banyak orang – seperti dalam pertandingan olahraga.

2. Musik dapat membantu proses pembelajaran yang lebih baik

Menurut para peneliti dari Johns Hopkins Medicine School, menyebutkan bahwa mendengarkan musik dapat merangsang otak, yang bisa membantu proses pembelajaran menjadi lebih baik.

Baru-baru ini penelitian lain yang dilakukan oleh para peneliti dari Duke University, North Carolina, juga menemukan hasil yang serupa, yakni mendengarkan musik bisa membuat kamu ingin belajar lebih banyak dan lebih baik.

3. Musik dapat membantu meningkatkan daya ingat

Musik juga memiliki efek positif untuk meningkatkan kemampuan daya ingat atau menghafal. Dalam sebuah penelitian di tahun 2014 yang berjudul Frontiers in Aging Neuroscience, peneliti membagi dua kelompok dan memberikan daftar kata-kata pendek yang perlu dihafal.

Kelompok yang mendengarkan musik klasik mengungguli kelompok yang menghafal dalam diam atau dengan white noise. Penelitian yang sama juga melacak seberapa cepat orang dapat melakukan tugas pemrosesan sederhana dan mencocokkan angka dengan bentuk geometris.

Hasilnya, orang yang mendengarkan musik klasik seperti Mozart diketahui mampu menyelesaikan tugas lebih cepat dan lebih akurat. Selain itu, sebuah ulasan kecil tahun 2017 dalam jurnal Translational Neurodegeneration menemukan bahwa musik dapat membantu memperlambat penurunan kognitif dan membantu orang-orang dengan demensia ringan untuk mengingat momen dalam hidupnya.

4. Musik dapat membantu menjaga kesehatan mental

Sebuah studi tahun 2013 dengan judul The Neurochemistry of Music menemukan bahwa mendengarkan musik dapat memicu pelepasan beberapa neurochemicals yang berperan dalam fungsi otak dan meningkatkan kesehatan mental.

5. Musik dapat meningkatkan suasana hati

Sudah menjadi rahasia umum jika musik dapat membantu meningkatkan suasana hati. Sebuah artikel dalam British Journal of Psychology, menunjukkan bahwa musik dapat membantu orang untuk mengatur emosi, ini termasuk membantu dalam meningkatkan suasana hati.

Ketika mendengarkan musik, otak akan melepaskan dopamin, yakni hormon yang terkait dengan kesenangan atau memberikan perasaan senang.

6. Musik dapat membantu menurunkan kecemasan

Ada banyak bukti yang menyebutkan bahwa mendengarkan musik dapat membantu memberi ketenangan pada orang yang menderita kecemasan (anxiety).

Studi tahun 2019 dalam Rehabilitation Nursing Journal, menunjukkan bahwa orang yang menjalani rehabilitasi medis setelah strok tampak lebih santai setelah mendengarkan musik selama satu jam. Studi serupa dalam jurnal Plus One, menunjukkan bahwa musik dapat membantu menenangkan orang dengan kecemasan.

7. Musik dapat membantu mengurangi gejala depresi

Manfaat mendengarkan musik lainnya yaitu dapat membantu mengurangi gejala depresi. Ini dibuktikan dalam sebuah tinjauan tahun 2017 dengan judul Reviewing the Effectiveness of Music Interventions in Treating Depression, yang menyimpulkan bahwa mendengarkan musik, terutama musik klasik, memiliki efek positif untuk mengurangi gejala depresi.

Meski begitu, berhati-hatilah dalam mendengarkan musik yang membuatmu sedih. Penelitian lebih lanjut pada tahun 2019, menemukan bahwa alih-alih dapat mengurangi gejala depresi, mendengarkan musik sedih justru dapat meningkatkan gejala depresi, terutama jika kamu cenderung merenung atau menarik diri secara sosial.

8. Musik dapat membantu mengurangi rasa lelah

Jika anda merasa lelah, mendengarkan musik mungkin dapat membantu menguranginya. Sebuah penelitian tahun 2015 yang dilakukan para peneliti dari Universitas Shanghai menemukan bahwa mendengarkan musik santai dapat membantu mengurangi rasa lelah dan menjaga daya tahan otot saat melakukan tugas yang berulang.

Studi lainnya yang dipublikasikan dalam Sage Journals melaporkan bahwa sesi terapi musik juga membantu mengurangi kelelahan pada orang yang menerima perawatan kanker.

9. Musik dapat meningkatkan kinerja olahraga

Kamu tentu pernah, atau sering, melihat orang yang berolahraga sambil mendengarkan musik menggunakan earbuds. Bukan tanpa alasan, ternyata berolahraga sambil mendengarkan musik dapat meningkatkan kinerja fisik.

Hal ini dibuktikan dalam sebuah tinjauan tahun 2020 dalam American Psychological Association, yang menegaskan bahwa berolahraga dengan musik dapat meningkatkan suasana hati, membantu tubuh berolahraga dengan lebih efisien dan lebih lama.

10. Musik dapat membantu tidur lebih baik

Memiliki kualitas tidur yang baik dapat memberikan dampak positif pada kesehatan secara keseluruhan. Jika belakangan ini kamu merasa kesulitan untuk tidur, mendengarkan musik mungkin bisa menjadi solusi dari masalah anda.

Sebuah penelitian tahun 2008 yang dipublikasikan dalam Journal of Advanced Nursing menunjukan bahwa orang yang mendengarkan musik klasik santai selama 45 menit sebelum tidur diketahui lebih cepat tertidur dibandingkan dengan orang yang mendengarkan buku audio sebelum tidur.

Jadi, jika anda merasa kesulitan tidur atau mengalami insomnia, cobalah untuk mendengarkan musik klasik santai sebelum tidur. Ini akan membantu kamu lebih cepat tertidur dan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. (imr)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *