Libur Panjang, Pemprov DKI Perketat Tempat Umum

0
(0)

Ancol

Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan memperketat tempat-tempat umum di wilayah DKI Jakarta saat libur panjang cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW 1412 Hijriyah pada akhir pekan ini.

Menurut Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pemantauan itu dilakukan agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan baik dan benar.

“Pastinya semua tempat-tempat umum di Jakarta, kita akan lebih intensifkan lagi dalam pemantauan,” ujar Anies usai rapat denfan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Mapolda Metro Jaya, Senin (26/10/2020).

Ia menjelaskan, pemantauan itu dilakukan di tempat umum, seperti restoran, Stasiun, Terminal, Pelabuhan, perkantoran, dan pusat perbelanjaan. Dengam begitu, aturan tentang protokol kesehatan dan pembatasan kapasitas pun bisa berjalan dengan baik.

“Seperti kita ketahui dalam ketentuannya kalau sekeluarga boleh bersama-sama kalau datang ke restoran, kalau satu keluarga kan boleh satu meja, tapi kapasitas restorannya tak boleh lebih dari 50%. Jadi jangan sampai karena satu keluarga, lalu akhirnya ketentuan 50% terlanggar sehingga lebih disiplin di situ,” tuturnya.

Meski demikian, Anies mengatakan berdasarkan pengalaman Pemprov DKI Jakarya dalam menangani Covid-19 saat menghadapi liburan seperti di bulan-bulan sebelumnya, terjadi lonjakan kasus pada saat dua minggu setelah hari liburan tersebut.

“Pemerintah bisa mengawasi tempat-tempat umum, mulai dari tempat hiburan sampai hiburan publik misalnya Ragunan, Ancol, lalu stasiun, restoran bisa diawasi, tapi sampai pada rumah, sementara liburan itu banyak sekali berkumpul bersama keluarga karena itu anjuran kita laksanakan 3M secara disiplin selama musim libur besok,” jelasnya.

Anies menegaskan, Covid-19 itu tidak memilih lokasi penularan, bukan hanya di ruang publik, tapi di ruang privasi keluarga pun bisa berpotensi terjadi penularan Covid-19. Maka itu, Anies kembali meminta agar selalu memakai masker di mana pun berada.

“Saya ingin ingatkan untuk menggunakan masker sebagai tanda menghormati dan melindungi orang lain. Pegang itu sebagai prinsip dan jangan sungkan untuk pakai masker,” tuntasnya.

Untuk diketahui, libur panjang di akhir bulan ini terkait dengan pemberian kebijakan cuti bersama tanggal merah Maulid Nabi Muhammad SAW pada Kamis, 29 Oktober 2020. Cuti bersama diberikan pada Rabu dan Jumat atau sehari dan setelah tanggal merah.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Ini Rencana Besar Khabib Nurmagomedov Usai Pensiun

Mon Oct 26 , 2020
0 (0) Jakarta: Usai memutuskan pensiun, Khabib Nurmagomedov berencana melatih di UFC. Hal itu diketahui dalam unggahan sang pelatih, Javier Mendez yang bertanya kepada Khabib tenang rencananya setelah pensiun. “Kita punya banyak generasi muda. Kami akan kembali di atas secepatnya,” ungkapnya. Daam unggahan yang sama, lalu Mendez memancing Khabib dengan […]