Libur Panjang, Jangan Pulang Jakarta Hari Minggu

0
(0)

Jakarta: PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengimbau pengguna jalan yang meninggalkan Jakarta pada periode libur panjang cuti bersama agar menghindari puncak arus balik ke Jakarta pada hari Minggu (1/11) mendatang.

Karena diprediksi, pada hari tersebut akan menjadi puncak arus kendaraan kembali ke Jakarta. .

Artinya, para pengendara atau pemudik yang ke luar kota, diharapkan pulang lebih awal agar perjalanan lebih aman dan nyaman.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru, menjelaskan, Jasa Marga telah mencatat sebanyak 509.140 kendaraan meninggalkan Jakarta pada periode tiga hari libur cuti bersama dan Maulid Nabi 1442 H atau periode tanggal 27 – 29 Oktober 2020.

“Jumlah volume lalu lintas (lalin) yang meninggalkan Jakarta ini naik 40.3 persen jika dibandingkan lalin new normal,” kata Heru dalam keterangan yang diterima RRI PRO3 di Jakarta, Jumat (30/10/2020).

Heru menegaskan pentingnya pengguna jalan untuk menghindari waktu yang bersamaan untuk kembali ke Jakarta, guna menghindari kepadatan yang berpotensi terjadi di hari Minggu (1/11/2020) mendatang.

“Kami mengimbau agar pengguna jalan dapat mengatur waktu perjalanan kembali ke Jakarta lebih awal. Kami terus berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk dapat memberlakukan rekayasa lalu lintas seperti contraflow dan penempatan petugas di lokasi rawan kepadatan. Kami mohon kerjasama pengguna jalan untuk tidak kembali ke Jakarta di hari Minggu,” ujar Heru.

Pemberlakuan contraflow pada arus balik di antaranya untuk menghindari kepadatan pertemuan dua lalu lintas Jalan Tol Cipularang dan Jalan Tol Jakarta – Cikampek arah Jakarta di Km 66 Simpang Susun Dawuan serta kepadatan jelang akses masuk dan keluar rest area Km 62 dan Km 52.

“Kami juga memastikan proyek pekerjaan di jalan tol yang berpotensi mengganggu lajur dihentikan sementara, termasuk pekerjaan mobilisasi peralatan,” imbuhnya.

Heru pun mengimbau agar pengguna jalan memastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak) saat berada di tempat Istirahat, mengisi BBM dan saldo uang elektronik yang cukup, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas serta istirahat jika lelah berkendara.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Timbul Jerawat akibat Sering Pakai Masker, Ini Solusinya

Fri Oct 30 , 2020
0 (0) Jakarta – Masalah jerawat jadi salah satu efek samping dari mengenakan masker sepanjang hari selama pandemi COVID-19, yang kerap disebut dengan istilah “maskne”, gabungan dari “masker” dan “acne” (jerawat). Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin RS Pondok Indah – Puri Indah Susie Rendra menjelaskan “maskne” terjadi karena pemakaian masker […]