by

Laporan Keuangan Pemprov Sulsel, KPK Selidiki Dugaan Suap

Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penyidikan perkara dugaan suap pemeriksaan laporan keuangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel). Khususnya pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUTR) tahun anggaran 2020.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri menjelaskan, penyidikan tersebut merupakan pengembangan perkara yang sebelumnya menjerat mantan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah.

“KPK kembali mengembangkan penyidikan dugaan tindak pidana korupsi berupa pemberian suap untuk pemeriksaan laporan keuangan Pemda Provinsi Sulawesi Selatan TA 2020 pada Dinas PUTR,” katanya, dalam keterangan pers, Jumat (22/7/2022).

Ia menelankan, KPK bakal mengumumkan identitas tersangka hingga konstruksi perkara dan pasal yang disangkakan, setelah upaya paksa penangkapan, dan penahanan dilakukan.

Hingga saat ini, lanjutnya, proses pengumpulan alat bukti masih berlangsung. Di mana penyidik memanggil sejumlah saksi, serta melakukan penggeledahan dan penyitaan.

“Pengawasan dari masyarakat tentunya diperlukan agar proses penyidikan perkara ini dapat dilaksanakan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku,” ucap Ali.