by

Langgar Ganjil-genap, Warga Jakarta Mulai Ditilang

Jakarta: Satuan Lalu Lintas Polres Metro Jakarta Barat mulai memberi sanksi tilang atau bukti pelanggaran kepada para pelanggar ketentuan pemberlakuan pelat nomor kendaraan bermotor roda empat ganjil genap, Kamis (28/10/2021).

“Kalau untuk wilayah Jakarta Barat yang pertama ada dua titik Tomang Raya dan Jalan S Parman,” ujar salah seorang Polantas, Ipda Teguh Juliyono saat ditemui di Jalan Tomang Raya, Jakarta Barat.

Pantauan rri.co.id di lokasi, tampak beberapa kendaraan berbaris saat diberhentikan di bawah flyover Tomang Raya, Jakarta Barat.

Mereka diberhentikan lantaran bernomor polisi ganjil saat berkendara di tanggal genap.

Menurut Teguh, jumlah kendaraan yang ditindak hingga pukul 19:00 WIB di dua titik ini hanya mencapai 100 unit.

Teguh menilai jumlah tersebut mengalami kenaikan karena masih banyak masyarakat yang belum mengetahui bahwa adanya peraturan ganjil genap. Padahal polisi telah melakukan sosialisasi aturan ganjil genap sejak Senin hingga Rabu kemarin.

“Sampai saat ini untuk penindakan pelanggaran ganjil genap masih cukup tinggi,” ujarnya.

Sementara itu Teguh juga mengakui masih ada beberapa pengendara yang beralasan lupa saat ditilang petugas.

“Kita sudah cukup toleransi beri sosialisasi terlebih dahulu. Saya rasa masyarakat seharusnya sudah mulai paham dan mengetahui jalur-jalur mana yang boleh dilintasi dan tidak boleh dilintasi,” kata dia.

Maka dari itu, Teguh beserta jajarannya kembali mengingatkan masyarakat untuk patuh kepada peraturan lalu lintas, terutama saat operasi ganjil genap.

Untuk diketahui, ganjil genap kembali diterapkan oleh Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya ketika DKI memasuki masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level dua.

Kebijakan ganjil genap diberlakukan dari Senin hingga Jumat pukul 06.00 sampai 10.00 WIB dan sore di pukul 16.00 sampai 21.00 WIB. Kebijakan ini tidak berlaku pada Sabtu, Minggu dan libur nasional.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *