by

Laksamana Yudo Sebagai Calon Panglima TNI, DPR Setujui

Jakarta: Komisi I DPR secara resmi telah menyetujui KSAL Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa. Persetujuan tersebut dilakukan usai uji kelayakan dan kepatutan Yudo selama tiga jam.

“Setelah mempertimbangkan pandangan fraksi dan anggota. Maka Komisi I DPR RI memberikan persetujuan pengangkatan Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI,” kata Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid kepada wartawan, Jumat (2/12/2022).

Lebih jauh, ia mengungkapkan, seluruh fraksi menyatakan setuju pengangkatan Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI. Sehingga dalam rapat internal Komisi I DPR tidak dilakukan pemungutan suara atau voting.

“Saat sesi pendalaman, beliau (Laksamana Yudo) menjawab pertanyaan dari sembilan fraksi. Lalu kami melakukan rapat internal Komisi I DPR,” ujarnya.

“Dalam rapat internal Komisi I DPR juga menyetujui pemberhentian Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. Komisi I DPR juga mengapresiasi atas dedikasi Jenderal Andika karena telah memajukan institusi TNI,” katanya.

Setelah disetujui di Komisi I, nama Yudo selanjutnya akan dibawa ke Paripurna DPR terdekat sebelum masa reses anggota dewan 16 Desember mendatang. Yudo akan resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebelum habis masa pensiun Andika pada akhir 2022.

Sementara itu, Yudo Margono mengaku, akan melanjutkan kebijakan Andika saat Jadi Panglima TNI. Serta mengucapkan terima kasih usai dirinya disetujui DPR dan berjanji akan mengemban tugas dengan baik.

“Terima kasih mudah-mudahan kami dapat melaksanakan tugas ke depan dengan mitra Komisi I. Tentu dengan baik aman dan lancar,” ucapnya.