by

Laju Vaksinasi Covid-19 Mengalami Penurunan

Jakarta: Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan, laju vaksinasi Covid-19 melambat dalam beberapa pekan terakhir.

“Laju vaksinasi mengalami penurunan selama tujuh minggu terakhir. Penurunan ini utama terjadi pada vaksin merk Sinovac,” kata Wiku dalam keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 yang disiarkan di kanal YouTube BNPB, Selasa (16/11/2021).

Wiku mengatakan, penurunan laju vaksinasi ini juga tidak dibarengi pada vaksin merk lainnya, yaitu Pfizer, AstraZeneca, Moderna, dan Sinopharm.

“Oleh sebab itu, saya mohon kepada seluruh pemerintah daerah untuk segera meningkatkan cakupan vaksinasi di daerahnya,” kata Wiku.

Wiku menekankan, cakupan vaksin penting sebagai modal menghadapi lonjakan kasus yang mulai terjadi dan harus diupayakan tercapai sebelum terjadinya lonjakan ketiga.

“Saya juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk tidak memilih-milih vaksin yang digunakan. Semua jenis vaksin yang masuk dan beredar di Indonesia sudah dipastikan keamanan, kualitas, dan efektivitasnya berdasarkan uji yang dilaksanakan oleh Badan POM dan pemantauan instansi serta organisasi profesi terkait,” tandasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *