by

Kurikulum Pendidikan Baru Tahun 2022, Ini Jurusan Di SMA Yang Akan Dihapus

HarianNasional.Com, Jakarta – Dalam perayaan Hari Guru Nasional, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Nadiem Anwar Makarim akan menerapkan kurikulum pendidikan baru pada tahun 2022.

Dalam kurikulum baru tersebut, tidak ada lagi penjurusan IPA, IPS, dan Bahasa untuk siswa kelas 11 dan 12 SMA. Kurikulum ini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada siswa agar bisa menekuni minatnya secara fleksibel.

Menanggapi kebijakan itu, Dr. Dewi Retno Suminar, M.Si., Psikolog., mengatakan, bahwa kebijakan tersebut merupakan upaya perubahan yang baik. Karena pada dasarnya ilmu tidak terpisah secara murni.

Menurutnya, selama ini mata pelajaran seperti matematika dipelajari oleh semua jurusan, hanya penyebutannya disebutkan matematika minat. Ketika SMA menghapuskan jurusan itu akan memberikan peluang bagi anak-anak menemukan sendiri minatnya.

“Selain itu akan menghapus penggolongan atau hierarki jurusan. Contoh selama ini disebutkan anak IPA lebih tinggi dari anak IPS,” ucapnya, Kamis (6/1/2022).

Adanya perubahan kurikulum ini selalu mengikuti kemajuan zaman dan keilmuan yang membuat terjadinya perubahan. Dewi menuturkan, bahwa perubahan kurikulum selalu terkait dengan perubahan keilmuan dan kebutuhan di masyarakat.

“Kolaborasi ilmu sudah menjadi tuntutan zaman. Ilmu sains membutuhkan sosial dan sebaliknya. Nah, nilai ini yang harus ada dalam pemahaman anak-anak di jenjang SMA, sehingga kesadaran bahwa ilmu itu saling kolaborasi untuk menjadi kuat sudah dimiliki sejak SMA,” tuturnya.

Dengan demikian, langkah awal dalam persiapan kurikulum baru bagi pihak sekolah adalah menghapus jurusan yang ada, membuat kebijakan peminatan bagi siswa dengan kebebasan menentukan, namun difasilitasi penelusuran bakat dan minatnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *