by

Kualitas Udara Jakarta Aman

Jakarta: Pemerintah Provinsi Jakarta merilis data kualitas udara berdasarkan pemantauan periode Januari – Desember 2021. Hasilnya masuk dalam kategori sedang, dengan kata lain masih aman untuk beraktivitas di luar ruangan.

“Bagaimana kondisi indeks standar pencemaran udara di tahun 2021, dimana kami menghitungnya dari bulan Januari sampai dengan Desember tahun 2021 ini, dominasinya adalah di warna biru yaitu kondisinya sedang,” kata Kepala Bidang Pengendalian Dampak Lingkungan DLH DKI Jakarta, Yusiono dalam diskusi bertajuk ‘Tekan Emisi, Jakarta Bebas Polusi’ di Jakarta, Kamis (30/12/2021).

Menurut Yusiono, jajarannya terus berupaya menperbaiki kualitas udara di Jakarta melalui 7 inisiatif yang dimuat dalam regulasi. Seperti, memastikan tidak adanya kendaraan umum 10 tahun dan tidak lulus uji emisi.

“Kemudian yang kedua adalah penerapan kebijakan ganjil-genap, peningkatan tarif parkir yang terlayani di area-area angkutan umum,” ujarnya.

Kemudian, ketentuan uji emisi yang juga berlaku bagi kendaraan pribadi, mendorong percepatan pembangunan fasilitas pejalan kaki, melakukan pengendalian emisi dari industri serta sumber tidak bergerak lainnya. Termasuk mengoptimalkan penghijauan yang ada di wilayah di DKI Jakarta.

“Jadi ini adalah 7 inisiatif yang ada di dalam Instruksi Gubernur tersebut, sesuai dengan aturan tadi saya ingin lebih fokus untuk kendaraan atau dari sektor transportasi terlebih dahulu,” tandasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *