Thursday, May 6

Kualifikasi Piala Dunia, Turki Taklukkan Belanda 4-2

Jakarta: Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grup G dibuka dengan pertandingan antara Turki melawan Belanda di Ataturk Olympic Stadium pada Kamis (25/3/2021) dini hari WIB. Turki yang bertindak sebagai tuan rumah berhasil mempermalukan tim tamu dengan skor 4-2.

Meski melawan tim bertabur bintang, tuan rumah Turki tak gentar sedikitpun dan mampu bermain sangat menakjubkan ketika menggilas Belanda dengan skor 4-2.

Bermain terbuka sejak awal pertandingan, Turki pun sudah unggul ketika pertandingan baru berjalan selama 15 menit. Sang striker, Burak Yilmaz, menjadi pembuka kemenangan Turki dengan sepakannya yang menyasar pojok kiri bawah gawang Belanda.

Belanda langsung bereaksi dan mulai mencoba mengejar ketertinggalan. Pada menit ke-27, Memphis Depay mencoba peruntungannya dengan melepas tendangan bebas dari jarak jauh. Sayangnya, bola berhasil dihalau oleh Ugurcan Cakir.

Peruntungan Belanda semakin memburuk ketika wasit harus menunjuk titik putih dan memberikan penalti kepada Turki di menit ke-34. Sang bek, Owen Wijndal, kedapatan melanggar Okay Yokuslu di kotak terlarang.

Yilmaz yang ditunjuk sebagai eksekutor sukses membubuhkan namanya di papan skor untuk kedua kalinya. Tanpa ragu, pria berumur 35 tahun tersebut mengarahkan bola ke pojok kiri gawang dan membuat skor berubah jadi 2-0.

Meski kerap melakukan beberapa kali serangan ke arah lini pertahanan Turki, para pemain Belanda belum mampu merobek gawang tim tuan rumah hingga babak pertama usai.

Babak kedua dimulai dengan serangan bertubi-tubi yang dilakukan oleh timnas Belanda. Akan tetapi, justru Turki yang mampu menambah keunggulannya menjadi 3-0.

Calhanoglu hanya butuh tiga menit sejak pertandingan kembali dimainkan untuk menjebol gawang Belanda. Dari luar kotak penalti, ia mengarahkan bola ke tiang jauh hingga tak mampu dijangkau oleh Jasper Cillessen.

Tertinggal tiga gol, Belanda mulai panik dan meningkatkan intensitas permainan. Pelatih Frank de Boer pun melakukan sejumlah perubahan dengan memasukkan Luuk de Jong, Denzel Dumfries, dan Davy Klaassen.

Pergantian itu pun membuahkan hasil. Di menit ke-75, kontrol sempurna Klaassen atas umpan Depay membuatnya mengecoh Caglar Soyuncu sebelum melepaskan tembakan yang menembus gawang Turki. Skor berubah menjadi 3-1.

Belanda langsung tancap gas usai gol ini. Satu menit berselang, tim besutan Frank de Boer tersebut mengantongi gol keduanya juga lewat pemain pengganti lainnya, Luuk de Jong. Skor menjadi 3-2.

Harapan Belanda untuk menyamakan kedudukan kandas saat Yilmaz mencatatkan hat-trick pada menit ke-81. Yilmaz kembali mencetak gol lewat skema tendangan bebas, di mana dirinya mengarahkan bola ke pojok kanan atas gawang. 4-2.

Jelang pertandingan berakhir, Belanda mendapatkan hadiah penalti dari wasit setelah Ozan Kabak melanggar Matthijs De Ligt . Sayangnya, Depay yang ditunjuk sebagai algojo gagal melaksanakan tugasnya lantaran bidikannya bisa dibaca oleh Cakir. Skor 4-2 bertahan sampai peluit panjang dibunyikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *