Thursday, May 6

Kualifikasi Piala Dunia, Kemenangan Perdana Bagi Spanyol

Jakarta: Gol di masa injury time membawa tim La Furia Roja menang dengan skor 2-1 atas Georgia. Spanyol berhasil mendapatkan tiga poin perdananya di Grup B kualifikasi Piala Dunia 2022 saat melawan Georgia di Boris Paichadze Dinamo Arena, pada Minggu (28/3/2021).

Bermain di kandang Georgia, timnas Spanyol di bawah asuhan Luis Enrique sempat kesulitan menembus kuatnya pertahanan lawan. Namun akhirnya mereka mampu mendulang kemenangan perdana dengan skor 2-1.

Bermain dengan materi pemain kelas dunia, Spanyol langsung mendominasi jalannya permainan sejak menit awal babak pertama.

Georgia yang berstatus tuan rumah terlihat menggunakan strategi bertahan dan menunggu adanya kesalahan untuk melakukan serangan balik.

Pada menit ke-11, usaha Bryan Gil yang mencoba menusuk kotak penalti Georgia membuat bola jatuh ke kaki Ferran Torres. Striker Manchester City itu melepaskan tembakan, namun bola mampu dihalau oleh kiper Georgia, Giorgi Loria.

Upaya mencetak gol kembali dilakukan La Furia Roja. Tetapi, peluang baru bisa tercipta pada menit ke-42. Usai mendapatkan bola dari Jordi Alba, Torres berupaya mencetak gol dengan sepakan kencang yang sayangnya melambung di atas gawang.

Meski menguasai jalannya pertandingan, Spanyol malah kebobolan lebih dulu. Dua menit sebelum jeda, Georgia berhasil mencetak gol melalui aksi Khvicha Kvaratskhelia yang berhasil memanfaatkan assist dari Otar Kiteishvili. Babak pertama usai dengan skor 1-0 untuk Georgia.

Spanyol berupaya menyamakan kedudukan di babak kedua, tetapi hasilnya baru terlihat di menit ke-56. Tembakan Torres kali ini tidak lagi meleset ataupun dihalau Loria. Ia berhasil menjebol gawang lawan dengan memanfaatkan assist dari Alba. Skor menjadi sama kuat 1-1.

Setelah kebobolan, Georgia langsung memperkuat lini pertahanan. Permainan yang disiplin dari barisan beknya membuat penyerang Spanyol tak berkutik. Bahkan striker Juventus yang sedang subur, Alvaro Morata, tak bisa berbuat banyak.

Di sela-sela terpaan serangan Spanyol, Georgia masih mampu mencolong kesempatan untuk melakukan serangan balik. Namun Spanyol sudah belajar dari babak pertama dan tidak membiarkan celah sedikitpun untuk dimanfaatkan tuan rumah.

Sungguh, pertahanan Georgia benar-benar sulit ditembus. Mereka menempatkan banyak orang di kotak penalti dan mengerubungi ketika pemain Spanyol mendapatkan bola. La Furia Roja nyaris tak mendapatkan ruang untuk melepaskan tembakan.

Namun, Spanyol sukses menemukan gol kemenangannya di masa injury time. Melalui kaki Dani Olmo yang melepaskan tembakan keras, tak mampu dihalau oleh Loria setelah menerima operan dari Jordi Alba. Tak lama setelahnya, wasit meniup peluit panjang dan tim La Furia Roja keluar sebagai pemenang dengan skor tipis 2-1.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *