Thursday, May 6

Kualifikasi Piala Dunia, Jerman Cukur Islandia

Jakarta: Pertandingan Gup J Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa menyajikan pertandingan yang menarik antara Jerman menghadapi Islandia di Shauinsland Reisen Arena, pada hari Jumat (26/3/21) dini hari. Timnas berjulukan Die Panzer tersebut menang meyakinkan dengan skor 3-0.

Mengandalkan trio Leroy Sane, Serge Gnabry, dan Kai Havertz di lini depan, Jerman langsung menggebrak sejak babak pertama dimulai.

Tidak butuh waktu lama buat Jerman untuk mengungguli Islandia dalam laga kali ini. Gol pertamanya bahkan tercipta saat pertandingan baru berjalan selama dua menit lewat aksi pemain Bayern Munchen, Leon Goretzka.

Lima menit berselang, giliran Kai Havertz yang membubuhkan namanya di papan skor. Pemain yang baru diboyong Chelsea di bursa transfer musim panas tahun lalu itu mencetak gol usai menerima assist dari Leroy Sane.

Dalam posisi tertinggal, Islandia tak ingin tinggal diam. Di menit ke-27, Islandia nyaris memperkecil ketinggalan andai sundulan Runar Sigurjonsson tidak melenceng dari sasaran.

Meski demikian, Jerman tidak berhenti melancarkan serangan setelah unggul dua gol. Pada menit ke-31, Havertz bisa saja mendapatkan gol keduanya andai sepakan kaki kirinya tidak melebar dari sisi gawang Islandia.

Gol ketiga nyaris didapatkan Jerman jelang babak pertama usai. Bek Chelsea, Antonio Rudiger, mencoba memanfaatkan umpan silang Joshua Kimmich untuk mencetak gol lewat sundulannya. Namun, bidikannya masih melebar di sisi gawang.

Hingga babak pertama berakhir, tak ada tambahan gol tercipta sehingga Jerman masih unggul 2-0 atas Islandia.

Di babak kedua, Islandi yang tak mau kalah tampil lebih agresif. Di menit ke-49 mereka mendapat peluang lewat tendangan bebas Albert Gudmundsson yang sayangnya bisa diantisipasi dengan mudah oleh Manuel Neuer.

Tiga menit kemudian, mereka lagi-lagi melewatkan kesempatan menipiskan skor usai Aron Gunnarsson membuang peluang emas setelah sundulannya memanfaatkan umpan silang melebar di sisi gawang.

Akan tetapi, gawang mereka kembali kebobolan ketika pertandingan telah memasuki menit ke-56.

Gelandang Manchester City, Ilkay Gundogan, menyertakan namanya di papan skor setelah menerimas assist dari Serge Gnabry. Tembakan kaki kanannya gagal diantisipasi oleh kiper Islandia, Hannes Halldorsson. Skor pun berubah jadi 3-0 untuk keunggulan Jerman.

Jerman kembali mendapatkan gol di menit ke-60. Kombinasi Kimmich dan Havertz sukses menjebol gawang Islandia untuk keempat kalinya. Namun, gol tersebut dianulir karena Havertz telah terjebak offside sebelumnya.

Die Panzer belum menyerah mengejar gol keempatnya. pada menit ke-70, sepakan kaki kanan Gnabry membentur tiang gawang! Peluang ini didapatkan setelah penggawa Bayern Munchen tersebut menerima umpan silang dari Kimmich.

Namun, wasit meniup peluit panjang tak ada tambahan gol yang tercipta. Jerman pun memenangkan laga kualifikasi Piala Dunia 2022 ini dengan kemenangan meyakinkan 3-0 atas Islandia. (imr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *