Tuesday, April 20

Kualifikasi Piala Dunia, Belgia Kalahkan Wales 3-1

, Jakarta: Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grup E dibuka dengan pertandingan antara tuan rumah Begia yang menyambut Wales di King Power At Den Dreff Stadium pada hari Kamis (25/3/2021) dini hari tadi.

Sempat tertinggal di awal pertandingan, tim tuan rumah Belgia berhasil membalikkan keadaan dengan meraih kemenangan 3-1 atas Wales.

Belgia tampil mengandalkan Romelu Lukaku yang tampil tajam di Inter Milan musim ini, didampingi Dries Mertens dan Thorgan Hazard. Sementara itu, Wales mengandalkan megabintang mereka Gareth Bale yang bermain bersama Harry Wilson dan Daniel James di lini depan.

Tim tamu mampu memberi kejutan di menit-menit awal jalannya pertandingan. Pada menit ke-11, Wales sukses membuka skor di laga ini. Rangkaian kerja sama satu dua yang berujung dengan assist Gareth Bale sukses dituntaskan Harry Wilson lewat sepakan dari kotak penalti. Tim tamu pun unggul 1-0.

Tertinggal satu gol, Belgia mencoba bangkit. Mengandalkan dua megabintangnya Kevin de Bruyne dan Romelu Lukaku, mereka sukses mendapatkan sejumlah kesempatan yang sayangnya gagal membuahkan hasil.

Namun, tak berselang lama gol yang ditunggu pun akhirnya terjadi di menit ke-22. Menerima umpan Thorgan Hazard, Kevin de Bruyne melepaskan tembakan jarak jauh yang tak bisa dicegah Danny Ward. Skor pun imbang 1-1.

Dengan gol ini, Belgia menjadi tampil lebih lepas dan percaya diri sehingga mampu melakukan serangan demi serangan yang membahayakan gawang tim tamu. Alhasil, enam menit kemudian, negara peringkat satu ranking FIFA ini mampu berbalik unggul melalui sundulan jarak dekat Thorgan Hazard yang menuntaskan umpan silang Thomas Meunier.

Berbalik unggul membuat Belgia tampil lebih percaya diri. Mereka mengurung pertahanan Wales dan mencatatkan 76% penguasaan bola. Namun, de Bruyne dkk gagal menambah gol untuk memperlebar jarak.

Akan tetapi, tak ada gol tambahan hingga babak pertema berakhir. Skor 2-1 untuk keunggulan Belgia menutup babak pertama.

Usai turun minum, tim tamu kembali mengejutkan Belgia dengan tampil lebih agresif untuk menyamakan kedudukan, dengan mengandalkan Gareth Bale dan Daniel James.

Menit ke-56, James mendapatkan kesempatan emas untuk menyamakan kedudukan tapi sepakannya masih melenceng tipis dari gawang Thibaut Courtois.

Dengan kekuatan tim yang lebih unggul, Belgia pun tak tinggal diam, mereka meningkatkan serangan demi memperlebar jarak dan memastikan keunggulan. Tim berjuluk Setan Merah ini pun sempat mendapat kesempatan lewat tendangan Kevin de Bruyne yang sayangnya masih melebar dari gawang.

Pada menit ke-73, petaka datang bagi Wales setelah wasit menilai Chris Mepham melakukan pelanggaran di kotak penalti. Penalti diberikan kepada Belgia dan Romelu Lukaku yang menjadi eksekutor melakukan tugasnya dengan baik. Belgia menjauh dengan skor 3-1 dari Wales.

Dua menit kemudian, Wales lagi-lagi gigit jari setelah upaya mereka lewat Connor Roberts bisa diamankan Courtois. Sementara itu, tuan rumah terus menyerang lewat de Bruyne dan Dries Mertens tapi juga gagal menambah gol.

Hingga wasit meniup peluit panjang, skor tetap tidak berubah. Belgia pun mengawali perjalanan mereka di Kualifikasi Piala Eropa 2022 dengan kemenangan 3-1 atas Wales di Grup E. (imr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *