by

KPU Dapat Tambahan Anggaran Rp1,2 Triliun

Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mendapatkan persetujuan untuk penambahan alokasi anggara pada 2022. Banyaknya mencapai Rp1,2 triliun, atau angka persisnya: Rp1.245.036.027.000.

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengatakan, tambahan anggaran ini sudah disetujui DPR. Dari persetujuan badan legislatif, kemudian KPU membahasnya dengan Kemenkeu.

“Hasilnya pada 26 Juli lalu telah disepakati tambahan anggaran sebanyak tersebut. Alokasi untuk penambahan anggaran ini buat mendukung pelaksanaan tahapan Pemilu 2024,” kata Hasyim Asy’ari, seperti dikutip dari portal resmi KPU.

Dengan penambahan itu total alokasi anggaran KPU untuk 2022 ini mencapai Rp3.698.001.830.000. Seluruh anggaran yang ada tidak hanya buat KPU Pusat, tetapi juga provinsi hingga kabupaten/kota.

Penambahan anggaran ini dalam proyeksi serapannya antara lain dipakai untuk kepentingan pendaftaran partai politik, penyusunan dan penataan dapil, hingga penyerahan dukungan bakal calon DPD.

Anggaran juga dipakai untuk dukungan sarapa dan prasrana, operasional kantor, teknologi informasi, dan persiapan tahapan Pemilu lainnya.