by

KPK Periksa Lima Saksi Kasus Bupati Banjarnegara

Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemeriksaan terhadap lima orang saksi dalam kasus dugaan korupsi pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Banjarnegara Tahun Anggaran 2017-2018.

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri mengungkapkan, bahwa kelima saksi itu diperiksa untuk tersangka Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono (BS) dan Kedy Afandi (KA).

“Hari ini pemeriksaan saksi TPK (Tindak Pidana Korupsi) Pengadaan Barang dan Jasa di Pemerintah Kabupaten Banjarnegara Tahun 2017-2018 untuk tersangka BS dan KA,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Jumat (5/11/2021).

Ali menyampaikan, bahwa pemeriksaan dilakukan di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Adapun kelima saksi yang diperiksa itu adalah Totok Setya Winata dari unsur PNS. Kemudian Triana Widodo, Hanif Ruseno dan Lalu Panji Gusangan dari unsur Wiraswasta serta Wasis Jatmiko dari unsur Kontraktor.

Seperti diketahui, KPK sebelumnya telah menetapkan Budhi Sarwono sebagai tersangka kasus dugaan korupsi terkait pengadaan pada Dinas PUPR Pemkab Banjarnegara TA 2017-2018 dan gratifikasi. Budhi telah ditahan bersama tersangka Kedy Afandi.

Para tersangka diduga melanggar Pasal 12 huruf i dan Pasal 12B UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi junctoPasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Budhi ditahan di Rutan Kaveling C1 dan Kedy di Rutan KPK Pomdam Jaya Guntur.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *