by

KPK Pastikan Beri Hak Hukum untuk Mardani Maming

Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan semua hak hukum mantan Bupati Tanah Bumbu Mardani Maming diberikan dalam pemeriksaan.

KPK memeriksa Mardani Maming usai menyerahkan diri ke gedung antirasuah, Kamis(28/7/2022).

“Kami pastikan KPK beri kesempatan yang sama pada tersangka (Mardani) untuk melakukan pembelaan diri. Baik pada proses penyidikan, penuntutan, hingga persidangan sesuai mekanisme dan koridor hukum berlaku,” kata Plt juru bicara KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Kamis(28/7/2022).

BACA JUGA: Mardani Maming Menyerahkan Diri ke KPK

Namun, Ali belum dapat memastikan materi pemeriksaan Mardani.

“KPK junjung tinggi hak asasi dan keadilan setiap penanganan perkaranya, serta tetap memegang prinsip azas praduga tak bersalah,” ujar Ali.

Lebih lanjut, KPK mengapresiasi langkah mardani yang menyerahkan diri. Buronan lain juga diharap mengikut jejak Mardani.

“Kami berharap para DPO KPK lainnya juga kooperatif menyerahkan diri ke KPK. Agar proses hukum cepat selesai dan memperoleh kepastian hukum,” tutur Ali.

Sementara itu, Mardani H. Maming memberikan klarifikasi KPK telah memasukkan namanya ke daftar pencarian orang (DPO).

Mardani enggan disebut tidak kooperatif sampai dijadikan buronan. Pasalnya, ia menyebut sudah mengirimkan surat akan datang ke KPK pada 28 Juli 2022.

“Saya bingung, tanggal 25 Juli 2022, suratnya sudah masuk (ke KPK), tapi kenapa Selasa, 26 Juli 2022, saya dinyatakan DPO,” kata Mardani di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis (28/7/2022).