KPK Jebloskan Ke Sukamiskin , Mantan Bupati Tanah Bumbu

Jakarta – Maming dieksekusi setelah putusan pengadilan kasus korupsi Izin Usaha Pertambangan dan Operasi Produksi (IUP OP) di Tanah Bumbu.

Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) menjebloskan mantan Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung.

Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, dalam keterangannya, Senun (4/9/2023).

“Melaksanakan eksekusi pidana badan dengan terpidana Mardani H. Maming dengan cara memasukkan yang bersangkutan ke Lapas Sukamiskin, Bandung,” katanya.

Diketahui, Mahkamah Agung (MA) memutuskan menguatkan putusan Pengadilan Tinggi (PT) Banjarmasin terkait pidana penjara Mardani Maming. Maming tetap dihukum 12 tahun penjara dan denda Rp500 juta.

Ia bersalah dalam perkara korupsi IUP OP di Tanah Bumbu. “Dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 4 (empat) bulan,” bunyi putusan tersebut, Senin (3/4/2023).

Maming juga diuhukum dengan membayar uang pengganti sebesar Rp110.601.731.752. Apabila terdakwa tidak membayar dalam waktu satu bulan setelah putusan pengadilan, maka harta bendanya akan disita dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut.

Namun jika harta benda yang dimiliki Maming tidak mencukupi untuk membayar uang pengganti, maka diganti pidana penjara 2 tahun. MA menolak banding yang diajukan Maming lantaran perbuatan memengaruhi iklim investasi yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *