by

KPK dan ICW Bahas Vonis Kasus Korupsi

Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membahas vonis perkara korupsi dengan Indonesia Corruption Watch (ICW) di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (22/6/2022).

“Pertemuan ini membahas upaya-upaya pemberantasan korupsi di Indonesia, khususnya terkait vonis hukuman tindak pidana korupsi,” ujar Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri, saat berbincang dengan Pro3 RRI, Kamis (23/6/2022).

Dalam pertemuan itu, KPK memberikan apresiasi kepada ICW yang terus melakukan diskursus dan masukan bagi perbaikan upaya-upaya pemberantasan korupsi. Masukan itu pun merupakan wujud partisipasi masyarakat untuk mendorong terbangunnya kepercayaan publik kepada kinerja pemberantasan korupsi di Indonesia.

“KPK terima banyak masukan dan ada hal di forum itu, dari hasil penelitian ICW tren untuk vonis masih dianggap rendah sehingga belum memberikan efek jera termasuk aset recovery,” imbuhnya.

Ia menekankan, upaya pemberantasan korupsi tidak dapat dilakukan oleh KPK sendirian, melainkan perlu partisipasi dan dukungan segenap masyarakat, termasuk dari kalangan organisasi kemasyarakatan.

Sebagai informasi, dalam audiensi tersebut, ICW diterima oleh Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dan Nurul Ghufron, Kepala Biro Hukum Ahmad Burhanudin, Direktur Penuntutan Fitroh Rohcahyanto dan perwakilan jaksa KPK.