by

KPK Dalami Penggunaan Private Jet Gubernur Papua

Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami dugaan penyewaan dan penggunaan jet pribadi (private jet) yang dilakukan Gubernur Papua, LE. Seperti yang diketahui, Le merupakan tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi proyek infrastruktur di Provinsi Papua.

Pendalaman tersebut dilakukan KPK setelah memeriksa seorang saksi. Hal tersebut disampaikan Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, dalam keterangan tertulis, Selasa (22/11/2022).

“Didalami pengetahuannya antara lain terkait dengan dugaan penyewaan dan penggunaan private jet oleh tersangka LE,” kata Ali. Saksi yang diperiksa adalah Presiden Direktur PT RDG (Rio De Gabriello/Round De Globe) Airlines, GI.

Pemeriksaan GI tersebut merupakan penjadwalan ulang. Sebelumnya ia pernah dipanggil KPK namun tidak menghadiri pemeriksaan tersebut, Selasa (4/10/2022).

Sebelumnya, Senin (3/10), KPK juga telah memeriksa saksi karyawan swasta/pramugari PT RDG Airlines, TA. KPK saat itu mendalami pengetahuan Tamara soal dugaan penggunaan jet pribadi layanan kelas satu oleh LE

Dalam kasus tersebut, KPK telah menetapkan LE dan beberapa pihak lainnya sebagai tersangka. Namun, KPK belum mengungkap siapa saja pihak yang ditetapkan sebagai tersangka, termasuk konstruksi perkara yang menjerat LE.

LE telah dicegah bepergian ke luar negeri oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Ia dicegah bepergian ke luar negeri selama enam bulan ke depan terhitung mulai 7 September 2022 hingga 7 Maret 2023