by

Konsultasi Dokter Jarak Jauh, Ini Aplikasi

Jakarta: Sejumlah varian baru Covid-19 terus menyerang dunia dengan berbagai macam gejalanya.

Bahkan, setiap negara sudah berusaha yang terbaik untuk mencegahnya. Tinggal bagaimana masyarakat menjaga kesehatan masing-masing dan membiasakan diri untuk mengetahui kondisi tubuhnya.

Salah satu cara agar mengetahui kondisi tubuh kita baik-baik saja atau tidak, kita harus sering konsultasi dengan dokter. Telemedicine belakangan juga digunakan pemerintah sebagai penanganan pasien Covid-19, yang melakukan isolasi mandiri di rumah.

Tak hanya pasien Covid-19, berbagai keluhan juga bisa dilakukan warganet untuk berkonsultasi di aplikasi kesehatan. Berikut ini terdapat sejumlah aplikasi yang dapat membuat kita berkonsultasi dengan dokter tanpa harus bertatap muka atau keluar rumah.

Apa saja aplikasi yang bisa diunduh lewat Handphone kita? Berikut rangkumannya yang dilansir melalui CNNINdonesia, Sabtu (18/12/2021).

1. AloDokter

AloDokter adalah platform kesehatan digital di Indonesia. Pihaknya mengklaim memiliki lebih dari 26 juta pengguna aktif setiap bulannya.

Aplikasi itu disebut memiliki mitra dokter lebih dari 30 ribu dokter.

Beroperasi sejak 2014, AloDokter menyediakan informasi kesehatan dan dapat diakses oleh siapa saja oleh pasien, lewat ponsel pintar.

Semua informasi kesehatan yang tersedia di aplikasi itu disusun dalam bahasa Indonesia dan ditinjau oleh tim dokter yang kompeten.

2. KlikDokter

Aplikasi besutan Medika Komunika Teknologi ini merupakan aplikasi telemedicine yang beroperasi 24 jam.

Pihaknnya menyebut memiliki tim medis yang berkompetensi, serta menjunjung tinggi etika profesi kedokteran Republik Indonesia. Lewat aplikasi ini pasien bisa melakukan live chat dengan dokter kapanpun dalam 24 jam.

Selain itu pihaknya juga menyediakan beragam artikel kesehatan dan info lain yang terkait pelayanan medis. Aplikasi ini dapat digunakan oleh pasien Covid-19 gratis, pemerintah juga akan memfasilitasi pasien agar dapat berkonsultasi dan mendapatkan obat lewat aplikasi secara gratis.

3. Halodoc

Aplikasi ini merupakan platform yang memberikan layanan konsultasi kesehatan secara virtual.

Halodoc mengklaim platformnya memiliki layanan kesehatan digital terlengkap di Indonesia. Beberapa fitur disematkan dalam platform ini seperti chat dengan dokter, membeli produk kesehatan dan dapat terhubung dengan asuransi yang digunakan pasien.

4. Good Doctor

Good Doctor merupakan aplikasi layanan kesehatan yang diklaim dapat memenuhi kebutuhan kesehatan dengan mudah.

Lewat aplikasi ini masyarakat nantinya bisa berkonsultasi degan dokter, menerima rekomendasi obat dengan gratis. Aplikasi ini diklaim dapat memberikan pelayanan selama 24 jam. Good Doctor juga dapat memangkas durasi yang biasanya banyak terbuang, saat pasien harus pergi ke pusat kesehatan.

Terlebih saat ini beberapa layanan kesehatan banyak didatangi pasien dengan gejala yang cukup berat. Platform besutan Good Doctor Tech ini dapat diunduh di toko aplikasi playstore dan AppStore.

5. KlinikGo

Klinikgo merupakan layanan teknologi yang menghubungkan homecare on demand berbasis klinik, maupun praktek mandiri dengan pasiennya. Aplikasi ini diklaim sudah menjadi mitra resmi Kemenkes dalam penanganan Covid-19 di Indonesia.

Lewat aplikasi yang dapat diunduh di toko aplikasi iOS dan Playstore ini, pasien Covid-19 bisa mendapatkan layanan konsultasi medis dan obat gratis.

Fitur yang ada dalam aplikasi itu terbilang banyak, di antaranya yakni layanan konsultasi dengan berbagai dokter seperti dokter gigi, dokter jantung dan dokter umum.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *