Monday, May 10

Komnas-HAM Punya Langkah Sendiri, Tak Ikut Rekonstruksi Bersama Kepolisian

Jakarta: Komnas HAM tidak mengikuti reka ulang kasus penembakan enam laskar Front Pembela Islam (FPI) pengawal Habib Rizieq Shihab (HRS) di KM 50 Tol Jakarta-Cikampek, malam hingga dini hari tadi.

Hal itu mendatangkan dugaan seakan Komnas HAM sudah memiliki kesimpulan lain dengan apa yang ditemukan pihak kepolisian. Menanggapi hal itu, Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik memang menyatakan, pihaknya masih melakukan penyelidikan dan memiliki langkah sendiri dalam menangani kasus tersebut.

“Sebagai lembaga independen kami akan melakukan langkah kami sendiri. Silahkan polisi melakukan rekonstruksi, kami hormati itu. Bagus kalau dikawal oleh Kompolnas,” kata Taufan dilansir RMOLJakarta, Senin (14/12/2020).

Sementara itu Ketua Tim Penyelidik Komnas HAM, M Choirul Anam mengatakan, tim Komnas HAM sedang mengkonsolidasi temuan sementara penyelidikan dari berbagai sumber, dan mulai mendapatkan titik terang.

“Puzzle terangnya peristiwa semakin detail kami dapatkan, dan berharap semakin banyak yang diperoleh semakin cepat terang,” harapnya.

Dia meminta masyarakat untuk turut memberikan keterangan jika mengetahui peristiwa sebenarnya terkait tewasnya enam laskar FPI saat mengawal keluarga Habib Rizieq Shihab untuk datang ke acara pengajian subuh internal.

“Harapan kami bagi masyarakat yang mengetahui peristiwa tersebut dapat memberi keterangan ke Komnas HAM,” harapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *