Komnas HAM Minta BPJS Segera Turunkan Tarif Sesuai Putusan MA

0
(0)

Jakarta : Hingga memasuki Bulan April 2020 ini besaran Iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan belum juga turun meskipun putusan Mahkamah Agung keluar pada Februari 2020 lalu.

Putusan MA yang dimaksud yakni membatalkan Peraturan Presiden nomor 75 tahun 2019 tentang jaminan kesehatan, yakni kenaikan 100 persen iuran peserta mandiri BPJS yang mulai berlaku sejak Januari 2020 lalu. Putusan ini keluar pada 27 Februari 2020 lalu.

Kondisi ini membuat Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik mendesak BPJS Kesehatan segera menurunkan besaran iuran itu dan membuat mekanisme pengembalian uang berlebih yang terlanjur dibayarkan peserta 2 bulan terakhir.

“Ya itu harus dihitung, semua. Kelebihan pembayaran yang sudah dilakukan oleh anggota itu harusnya dihitung kembali. Jadi dia dimasukkan dalam hitungan, tambahan pembayaran di bulan berikutnya. Untuk bulan April, Mei dan selanjutnya,” ungkap Taufan sapaan akrab Ketua Komnas HAM ketika dihubungi RRI, Kamis (4/2/2020).

Putusan MA menurutnya merupakan putusan hukum tertinggi di tatanan sistem hukum Indonesia. Sehingga tidak ada alasan BPJS Kesehatan menundan pelaksanaan, bahkan sudah terlampau 2 bulanan sejak putusan MA tersebut keluar.

“Segeralah patuhi putusan MA itu. Apapun alasannya tidak ada pilihan bagi mereka untuk segera kembali kepada nilai yang sudah ditetapkan semula. Ini penting kepatuhan hukum buat kita dalam bernegara ini menunjukkan satu sikap mematuhi putusan hukum. Putusan MA ini putusan yang tertinggi. Jadi jangan ada upaya katakanlah memberikan bias atau menunda dan lain-lain,” ungkapnya.

Untuk gambaran, besaran iuran BPJS kategori Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) Mandiri saat ini kelas 1 sebesar Rp 160.000 per jiwa per bulan, kelas 2 sebesar RP. 110.000 per jiwa per bulan dan kelas 3 sebesar RP. 42.000 per jiwa per bulannya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

MPR Ajak Masyarakat Gotong Royong dan Bersatu Melawan Covid-19

Thu Apr 2 , 2020
0 (0) Jakarta: Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo mengajak masyarakat dan semua pihak di Indonesia untuk bersama-sama bergotong royong dan bersatu padu dalam melawan pandemi Covid-19. Hal itu disampaikan dalam konferensi pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Kamis (2/4/2020). […]