by

Kodim 0735 Surakarta dapat Motor Dinas Dari Menhan Bagikan

Surakarta: Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto membagikan 20 unit kendaraan motor operasional untuk anggota babinsa Kodim 0735 Surakarta. Selain kendaraan bermotor, Prabowo juga membagikan 1.000 paket sembako untuk warga sekitar kecamatan Serengan, Surakarta.

Penyerahan bantuan kendaraan serta paket sembako diserahkan Menhan secara simbolis, di kantor Koramil 03/Serengan, Surakarta, Selasa (24/1/23). Dalam sambutannya, Prabowo Subianto mengatakan, penyerahan bantuan ini merupakan upaya memperkuat pertahanan negara di sektor komando teritorial.

Menurut Prabowo, Babinsa maupun Bintara adalah ujung tombak dalam pertahan negara. Untuk itu, perlu adanya bantuan dari sisi operasional di wilayah komando teritorial seperti kendaraan, alat komunikasi, hingga perbaikan kantor.

“Pemerintah telah memutuskan, untuk memberdayakan seluruh koter. Dari mulai babinsa, seluruh babinsa seluruh indonesia akan kita bekali dengan kendaraan motor yang baru juga dengan alat komunikasi yang baru,” kata Prabowo.

“Dan kita akan perbaiki kantor kantor komando teritorial,” ujarnya. Prabowo menambahkan, saat ini pihaknya tengah berupaya dalam membangun komponen cadangan yang pertama kali dilakukan di Indonesia.

Komandan Kodim 0735 Surakarta, Letkol Inf Devy Kristiono mengatakan, bantuan kendaraan operasional yang diberikan berupa motor Honda CRF 150 cc. Menurutnya, kendaraan tersebut dinilai cocok untuk memaksimalkan kinerja anggota Babinsa dari sisi mobilitas.

“Bantuan motor ini sangan penting untuk mobilitas rekan rekan babinsa, yang memang mereka punya tugas membina di kelurahan masing-masing. Kebetulan, surakarta ini kan kelurahan bukan desa,” kata Devy.

Selain itu, Dandim menuturkan, Babinsa merupakan ujung tombak serta mata dan telinga kesatuan TNI di wilayah. Hal itu dapat dilihat dari kinerja Babinsa selama pandemi Covid-19 yang berjibaku membantu masyarakat.

“Jadi kadang babinsa ini kan mata telinganya satuan kewilayahaan. Bisa kita lihat pada saat pandemi Covid-19 kemarin, babinsa bekerja keras, mereka mengisolasi, memberikan bantuan obat, bahkan vaksinasi,” ujarnya.

“Jadi mereka ini memang kendaraan belum maksimal didukung seluruhnya. Nah pada siang hari ini dari Kemenhan dibantu 20 unit, tentu ini sangat membantu operasional rekan-rekan babinsa,” ucapnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *