by

Kini Ada Mobil Vaksin Keliling di Sampang

Jakarta – Polres Sampang, Jawa Timur, berupaya meningkatkan persentase pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat di wilayah itu dengan mengoperasi mobil vaksin keliling atau Mobil Gerai Vaksin Presisi Keliling.

Hosting Unlimited Indonesia

“Pengoperasian mobil keliling untuk pelaksanaan vaksinasi ini karena pola pelaksanaan kami ubah dari sebelumnya, yakni dengan pola vaksinasi jemput bola,” kata Kapolres Sampang AKBP Abdul Hafidz di Sampang, Selasa.

Baca Juga:
Bisnis Cafe di Malang Mulai Membaik di Masa PPKM Level 3
Pakar Kesehatan: Awas Terburu-buru Relaksasi Bisa Jadi Bumerang
Vaksinasi, Donor Darah, Pembagian Kacamata untuk Awak JakLingko
Selain menyediakan mobil vaksin keliling, institusi ini juga menyediakan dua unit sepeda motor sebagai alat transportasi bagi anggota Polres Sampang yang bertugas melakukan penyuluhan dan pendataan warga yang hendak divaksin COVID-19.

Mobil vaksin keliling digunakan oleh petugas medis (para vaksinator), sedangkan kendaraan sepeda motor oleh anggota polisi yang bertugas melakukan koordinasi, komunikasi, dan sosialisasi ke berbagai pelosok desa tentang pentingnya vaksin untuk menambah kekebalan tubuh.

Dengan dukungan kendaraan berupa mobil dan sepeda motor operasional ini, dia berharap persentase warga Sampang yang disuntik vaksin juga meningkat.

Selain itu, melalui dukungan kendaraan operasional ini, Kapolres juga berharap jangkauan pelaksanaan vaksinasi akan lebih luas.

Ia menyebutkan data Satgas COVID-19 Pemprov Jatim yang menunjukkan persentase warga Sampang yang divaksin masih rendah.

“Dengan dukungan kendaraan operasi dan pola pelaksanaan vaksinasi jemput bola, persentasenya akan lebih tinggi,” katanya.

Sebelumnya, Satgas Pemprov Jatim merilis capaian vaksinasi di provinsi ini untuk dosis pertama baru menyasar 8.069.388 jiwa atau 25,35 persen dari target, sedangkan vaksinasi dosis kedua menyasar 3.869.213 jiwa atau 12,16 persen.

Ada sejumlah daerah yang telah melampaui 70 persen vaksinasi untuk dosis pertama, yakni Kota Surabaya sebanyak 1.620.158 jiwa atau 73,04 persen dari target vaksinasi, sedangkan untuk dosis kedua baru mencapai 42,82 persen.

Selain Surabaya, daerah lain yang capaian vaksinasinya lebih dari 70 persen, Kota Mojokerto, yakni capaian vaksinasi dosis pertama telah menyasar 99.667 jiwa atau 98,15 dari target vaksinasi, sedangkan untuk dosis kedua mencapai 38,81 persen.

Kabupaten Sampang, termasuk dari lima daerah di Jawa Timur yang paling rendah dalam hal capaian vaksinasi COVID-19 bersama Bangkalan, Sumenep, Pamekasan, dan Kabupaten Lumajang.

“Capaian vaksinasi di Kabupaten Sampang, sesuai data Satgas COVID-19 Pemprov Jatim, baru 6,66 persen, seangkan untuk dosis kedua baru 2,95 persen,” kata Kapolres.

Makanya, lanjut dia, pengoperasian mobil vaksin keliling itu dalam rangka mempercepat dan meningkatkan target capaian vaksinasi.
(ANT/Nto)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *