Tuesday, April 20

Khabib Normagomedov Dinobatkan Jadi Petarung Terbaik UFC

Khabib Normagomedov

Jakarta: Khabib Nurmagomedov resmi menjadi petarung terbaik UFC, setelah menempati posisi teratas daftar petarung pound for pound UFC.

Khabib menempati posisi pertama, mengacu dari pembaruan data pada lama resmi UFC, Selasa (27/10/2020). Petarung yang dijuluki ‘The Eagle’ tersebut, menggeser Jon Jones yang berkompetisi di divisi kelas berat ringan.

Di bawah keduanya, terdapat petarung-petarung hebat lainnya seperti Israel Adesanya, Stipe Miocic, hingga Kamaru Usman. Para petarung tersebut, menempati posisi lima besar daftar pound for pound UFC.

Khabib sebelumnya menempati posisi kedua dalam daftar petarung pound for pound seni bela diri campuran ini. Ia masih berada di bawah Jon Jones, yang sudah memenangi 15 duel perebutan juara.

Namun, Khabib melesat ke posisi puncak usai mengalahkan Justin Gaethje pada UFC 254. The Eagle tersebut, mengalahkan Gaethje lewat submission di ronde kedua.

Kemenangan ini, turut memperpanjang rekor tak terkalahkan Khabib selama bertarung di arena UFC. Ia tercatat meraih 29 kemenangan secara beruntun sejak awal karier tanpa kekalahan.

Setelah keberhasilan mempertahankan gelar kelas ringan untuk kali ketiga, Khabib memutuskan untuk pensiun dari ajang yang sudah membesarkan namanya.

Ia merasa tidak bisa lagi bertarung tanpa kehadiran sang ayah, Abdulmanap Nurmagomedov, yang meninggal dunia pada 3 Juli 2020 lalu.

Usai menyatakan keputusannya, banyak penggemar, atlet dunia, bahkan petarung UFC lainnya menyebut Khabib sebagai petarung terbaik. Bahkan, Presiden UFC, Dana White, juga mengakui jika Khabib layak menyandang gelar petarung pound for pound terbaik.

Namun, label Khabib sebagai petarung terbaik ditanggapi dingin oleh Jon Jones. Ia tidak rela, jika status tersebut beralih kepada Khabib.

Menurutnya, hanya legenda UFC, Georges St-Pierre, yang bisa menyamai rekornya dan menjadi petarung terhebat UFC.

“Satu-satunya orang yang mungkin bisa kembali dan menantang rekor saya, atas apa yang telah saya lakukan di UFC mungkin Georges St-Pierre. Dia harus kembali dan memenangkan dua pertarungan gelar untuk menyamai saya,” ucap Jon Jones.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *