by

Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Meninggal Dunia

Jakarta – Ketua Dewan Pers, Azyumardi Azra dikabarkan meninggal dunia pada hari Minggu, 18 September 2022 di Kualalumpur Malaysia. Kabar itu dibenarkan oleh Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, Sasmito Madrin.

“Sedih banget beliau orang baik,” kata Sasmito kepada SinPo.id.
Azyumardi dikabarkan meninggal pukul 12.30 waktu kuala lumpur Malaysia. Sebelumnya, pada Jum’at 16 September lalu mantan rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu diagendakan mengisi acara seminar di negeri Jiran.

“Prof AA sedang perjalanan ke Malaysia dan ada gangguan sesak nafas di pesawat. Saat tiba langsung dibawa ke rumah sakit Serdang,” kata Sasmito menambahkan.

Sasmito mengaku sangat kehilangan sosok Azyumardi Azra. Ia masih terkenang saat awal-awal bertemu mewakili organisasinya mendorong Azyumardi Azra agar mau menjadi komisioner Dewan Pers. “Waktu itu aku yang datang ke rumahnya,” kata Sasmito mengenang.

Tercatat Azyumardi Azra dilantik sebagai ketua dewan pers periode 2022-2025 melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 14/M Tahun 2022. Usai dilantik Azyumardi Azra mengatakan ada beberapa permasalahan yang kerap terjadi di dalam dunia jurnalistik.

“Salah satunya mengenai kesejahteraan yang kerap tidak didapatkan oleh para jurnalis di Indonesia,” ujar Azyumardi kala itu.

Mendiang ingin turut serta membangun kualitas para jurnalis di Indonesia. Dia mengaku telah mengantongi pekerjaan rumah yang nantinya akan didiskusikan bersama jajarannya.