by

Ketersediaan Lahan Makanan Pengganti, Atasi Kenaikan Harga Gandum

Jakarta: Pemaksimalan bahan makanan pengganti di Indonesia dapat menjadi siasat dalam mengatasi kenaikan harga gandum. Dengan memproduksi bahan baku terigu menggunakan singkong, jagung, dan labu.

Selain itu, Sekjen Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Sadar Subagyo mengatakan, ketersediaan lahan untuk menanam bahan makanan pengganti juga dapat dilakukan. Namun kebijakan tersebut harus dilakukan secara fundamental.

“Bila ingin memakai pengganti komoditas mi instan seperti singkong, jagung, dan labu bisa. Kalau kita mau kesana kembangkan gede-gedean gandeng pihak swasta,” kata Sadar, dalam dialog Pro3 RRI, Kamis (11/8/2022).

“Bila masih ada 12 juta hektar tanah yang kosong kembangkan disitu, tidak usah banyak-banyak, 1 juta hektar lebih dari cukup,” ujarnya menambahkan.

Kepala Organisasi Riset Pertanian dan Pangan BRIN Puji Lestari menyatakan singkong, pisang, dan sorgum dapat diolah. Antara lain menjadi tepung sebagai bahan baku roti dan mi.

“Sehingga bisa menjadi mirip sekali dengan terigu. Jadi kayak untuk mi, fride chicken (ayam goreng tepung, Red), ini bisa,” kata Puji dalam dialog Pro3 RRI, Kamis (11/8/2022).

Selain itu, ia menyakini dengan ketersediaan teknologi di Indonesia maka hal itu dapat diwujudkan.

“Kita produksi dari non terigu banyak. Jadi ini jangka pendek,” ujarnya.