Friday, June 18

Ketahui Manfaat Teh Kulit Jeruk Bagi Kesehatan

Jakarta: Banyak yang belum mengetahui jika sejatinya teh bisa meningkatkan energi dan menstimulasi otak di pagi hari dan pada malam hari, teh justru dapat merilekskan tubuh dan melepas lelah.

Selain teh, ternyata kulit jeruk juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, jika keduanya digabungkan maka akan tercipta sebuah khasiat kesehatan yang memiliki banyak manfaat.

Minum teh kulit jeruk pun dipercaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Anda cukup membutuhkan setengah kulit jeruk, satu gelas air, 1/2 inci batang kayu manis, 2-3 cengkeh, 1-2 kapulaga hijau dan setengah sendok makan gula merah.

Baca juga: Bukan Sekadar Tren, Minum Kopi Memiliki Manfaat

Meskipun rasanya sedikit pahit, tetapi kulit jeruk mengandung konsentrasi flavonoid tertinggi daripada bagian buah lainnya. Sama seperti buahnya, kulit jeruk juga kaya akan beberapa nutrisi, diantaranya serat, vitamin C dan senyawa tumbuhan, seperti polifenol.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa dari minum teh kulit jeruk:

1. Mencegah kanker

Kulit buah jeruk mengandung senyawa yang disebut limonene dengan konsentrasi sekitar 97 persen minyak esensial kulit ini. Bahan kimia alami ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antikanker.

Jadi, mengonsumsinya bisa mencegah berbagai jenis penyakit akibat peradangan dan kanker kulit.

2. Meningkatkan pencernaan dan kekebalan

Rasa teh jeruk yang kuat bisa meningkatkan produksi air liur dan asam lambung. Minum teh kulit jeruk setiap pagi bisa membantu menstimulasi sistem pencernaan dan meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan.

Selain itu, kandungan vitamin C yang bergizi tinggi di dalamnya bisa meningkatkan metabolisme dan kekebalan tubuh.

Baca juga: Tips untuk Menghitung Kalori Dalam Tubuh

Baca juga: Atasi Perut Berlemak, Konsumsi Makanan Ampuh Ini

3. Mencegah penyakit kronis

Kulit jeruk juga menjadi sumber kaya senyawa tanaman yang disebut polifenol. Teh kulit jeruk juga bisa membantu mencegah dan mengelola banyak kondisi kronis, seperti diabetes tipe 2, obesitas dan alzheimer.

Sebuah uji laboratorium mengungkapkan bahwa asupan kandungan dan aktivitas polifenol pada kulit jeruk jauh lebih tinggi daripada buahnya. Intinya, kulit jeruk ini tetap aman dikonsumsi karena biasa digunakan dalam biskuit dan kue. Tapi, beberapa orang akan mungkin mengalami beberapa efek samping, seperti masalah perut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *