Kenali Perbedaan Daging Babi dan Daging Sapi

0
(0)

Jakarta – Direktur Halal Corner, Aisha Maharani, berpendapat, lemahnya fungsi pengawasan unit pasar membuat mudahnya peredaran daging babi yang seolah-olah daging sapi. Seperti yang terjadi di Kota Bandung, kemarin.

“Harusnya pemerintah daerah setempat ada prosedur pemeriksaan untuk daging yang masuk ke pasar lokal,” kata Aisha kepada Indonesiainside.id, Selasa (12/5).

Menurut Aisha, kasus ini pasti akan terjadi secara berulang karena standar operasional (SOP) dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan belum berjalan dengan baik. Padahal, pengawasan dan sanksi tersebut ada di lembaga pemerintahan.


“Halal Corner sebagai LSM (lembaga swadaya masyarakat) yang bergerak di bidang edukasi akan terus menginformasikan seputar halal haram kepada masyarakat,” ujar dia.

memilih daging
Perbedaan antara daging babi, celeng, dan sapi. Foto: Istimewa.
Lebih jauh, Aisha menjelaskan ada dua perbedaan mendasar pada daging babi, pertama daging babi mentah dan kedua daging babi matang. Berikut keterangannya:

A. Daging mentah:

1. Dari warna dagingnya; daging sapi berwarna merah tua, sedangkan daging babi merah muda.

2. Dari warna lemaknya; lemak sapi berwarna putih, sedangkan lemak babi berwarna kuning krem atau putih tulang.

3. Dari bentuk lemaknya; lemak sapi teksturnya padat dan mudah dipisahkan dari daging. Lemak babi basah lengket dan bergabung dengan daging, sehingga relatif sukar dipisahkan dari daging.

4. Dari serat dagingnya; serat daging sapi lebih tebal daripada serat daging babi, sehingga rendang atau dendeng sapi lebih alot atay lebih keras daripada rendang atau dendeng babi.

5. Dari aroma dagingnya; aroma daging sapi harum khas daging sapi, sedangkan aroma daging babi wengur (eneg) khas daging babi. Aroma daging babi kombinasi antara apek (tengik), amis dan pesing.

6. Dari harga dagingnya; standar harga daging sapi berkualitas, baik dalam kondisi normal Rp120.000 sampai dengan Rp130.000, sedangkan harga daging babi sangat tergantung kualitasnya. Jika kualitas ‘bagus’ (lemak tipis) harganya hanya di kisaran Rp75.000 sampai dengan Rp90.000. Jika kualitas jelek, harganya hanya sekitar Rp45.000 sampai dengan Rp55.000 saja.

B. Daging matang:

1. Dari tulisannya; kalau ada tulisan ‘Sedia Menu Babi’, berarti menggunakan bahan dari babi.

2. Dari aroma kuahnya; masakan menggunakan daging sapi aromanya harum dan sedap. Jika menggunakan daging babi, aromanya tidak sedap.

3. Dari kuah masakannya; jika menggunakan daging sapi, kuahnya bening dan encer. Jika menggunakan daging babi, maka kuahnya keruh, kental dan sangat berminyak.

4. Dari uap masakannya; jika menggunakan daging sapi, uapnya tipis dan naiknya relatif cepat. Kesannya seperti ringan. Jika menggunakan daging babi, uap masakannya sangat banyak berkumpul di bawah dan tidak mau naik. Kesannya seperti berat. (SD/ii)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Setelah Dibobol Hacker, Tokopedia Gandeng Institusi Keamanan Siber

Wed May 13 , 2020
0 (0) Jakarta – CEO Tokopedia, William Tanuwijaya, mengatakan bahwa timnya selalu membangun, mengembangkan, dan meningkatkan prosedur sistem antisipasi sebagai perusahaan marketplace berbasis teknologi terbesar di Indonesia. Dia mengakui, pascainsiden peretasan oleh hacker untuk membobol data penggunanya, Tokopedia telah mengambil langkah-langkah untuk mengatasi kejadian tersebut. “Setelah mengetahui kejadian ini, kami […]