by

Kenali Macam-macam Vaksin untuk Anak Sekolah

Jakarta: Vaksinisasi Covid-19 saat ini memang sangat dibutuhkan oleh semua usia, termasuk juga anak-anak.

Jika banyak orang tua yang takut untuk anaknya mendapatkan vaksin. Namun perlu diketahui, vaksin ternyata tetap dibutuhkan oleh anak di usia sekolah.

Pemberian vaksin tersebut bertujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak sehingga tidak mudah terserang penyakit. Vaksin yang masuk ke dalam tubuh bekerja dengan cara merangsang pembentukan antibodi yang nantinya bertugas untuk melawan infeksi virus atau bakteri penyebab penyakit.

Lalu, apa saja vaksin yang baik diberikan pada imunisasi anak usia sekolah? Berikut ini daftar vaksin dan jadwal imunisasi untuk anak usia sekolah dan remaja berdasarkan rekomendasi IDAI yang dirangkum melalui halodoc, Selasa (10/8/2021):

1. Vaksin Anak usia Sekolah

Anak-anak yang masuk dalam kategori ini adalah anak berusia 5–12 tahun. IDAI maupuan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan anak untuk mendapatkan catch up immunization alias melengkapi imunisasi.

Artinya, jika pada usia di bawah 2 tahun ada vaksin anak yang terlewat, bisa diberikan pada usia sekolah. Melengkapi pemberian vaksin pada anak artinya melengkapi “pasukan” untuk membangun kekebalan tubuh sempurna.

Jenis vaksin yang bisa diberikan pada anak usia sekolah adalah DPT, Polio, Campak, MMR, Tifoid, Hepatitis A, Varisela, Influenza, Pneumonia.

Pada usia sekolah, anak-anak juga lebih rentan terserang penyakit karena padatnya aktivitas dan banyak menemukan hal baru. Maka dari itu, penting untuk segera memastikan Si Kecil mendapatkan imunisasi lengkap sesuai anjuran.

2. Pemberian Vaksin di Usia Remaja

Selain anak usia sekolah, remaja juga harus mendapatkan imunisasi. Tujuannya untuk mencegah risiko penyakit yang rentan menyerang remaja, terutama penyakit infeksi.

Selain itu, pada usia remaja, perlindungan dari vaksin yang diberikan saat bayi mungkin sudah berkurang atau tidak lagi efektif. Usia remaja juga disarankan untuk melakukan catch up immunization. Ada beberapa jenis vaksin untuk remaja, di antaranya:

a. Vaksin Tdap

Vaksin ini diberikan untuk menurunkan risiko 3 penyakit, yaitu tetanus, difteri, dan pertussis. Vaksin ini merupakan lanjutan dari imunisasi DTP. Vaksin Tdap diberikan pada remaja berusia 10 tahun dan pemberiannya diulang setiap 10 tahun sekali.

b. Vaksin Influenza

Vaksin ini diberikan untuk menurunkan risiko penyakit influenza, yaitu infeksi virus yang ditandai dengan demam, batuk, dan pilek. Imunisasi ini bisa dimulai saat anak berusia 6 bulan, dan merupakan jenis vaksin yang disarankan untuk diulangi pemberiannya.

c. Vaksin HPV

Vaksin HPV (human papillomavirus) berguna untuk mencegah infeksi virus human papiloma (HPV). Infeksi virus ini bisa berbahaya, karena berisiko menimbulkan kanker leher rahim, kanker vagina, hingga kanker bibir kemaluan pada wanita. (imr)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *