by

Kementan Berkomitmen Perkuat Pangan Jakarta Jelang Iduladha

Jakarta: Kementerian Pertanian (Kementan) berkomitmen mendukung kebutuhan pangan daerah, menjelang perayaan Iduladha. Provinsi Jakarta menjadi daerah yang pertama menerima dukungan.

“Karena memang kebutuhan besar khususnya dalam momentum-momentum Iduladha seperti ini, Idulfitri, tahun baru dan yang lain-lain memang ada lonjakan-lonjakan yang seperti itu,” ungkap Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Kantor Kementerian Pertanian, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (4/7/2022).

Syahrul menekankan, dukungan pangan ini tidak berhenti pada Jakarta saja, tapi akan menjamah daerah-daerah lainnya. Ia pun menjamin stok pangan yang dimiliki Kementan cukup dalam menghadapi potensi lonjakan konsumsi, saat perayaan hari besar keagamaan, begitu juga dengan neraca dagang yang masih dalam kondisi aman.

Diakuinya, terdapat kendala pada iklim. Namun, menurutnya, karena antisipasi yang dilakukan, kondisi tersebut tidak berdampak pada wilayah yang selama ini menjadi titik mengkhawatirkan pangan.

“Yang kita lakukan hari ini kita buktikan dengan pak Gubernur DKI seperti apa, berapa pun kebutuhannya,” paparnya.

Lebih lanjut, Mentan menyebutkan, pihakya selalu berusaha mencukupi kebutuhan pangan di daerah. Salah satu contohnya pada pemenuhan komoditi cabai dan bawang merah, yang saat ini sedang panen besar di beberapa daerah penghasil seperti Sumedang, Wonosobo, Temanggung, Kediri, hingga beberapa tempat di Sulawesi Selatan.

“Ini saya akan perkuat kedepannya,” tandasnya.