by

Kemenkes Deteksi Subvarian Baru Omicron BA.2.75

Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan telah mendeteksi kasus subvarian baru Omicron, bernama BA.2.75 di Indonesia.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan itu dalam konferensi pers usai rapat terbatas evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (18/7/2022).

“Kami juga mengupdate ke Bapak Presiden ada subvarian baru yang namanya BA.2.75 yang sekarang sudah beredar di India mulainya dan sudah masuk 15 negara. Ini juga sudah masuk di Indonesia,” kata Budi.

Budi mengungkapkan, varian BA.2.75 tersebut terdeteksi di Jakarta (2 orang) dan Bali (satu orang).

“Sedang kita cari sumbernya dari mana,” ujarnya.

Budi juga menyampaikan, secara umum, dari tingkat transmisi berdasarkan standar WHO (Organisasi Kesehatan Dunia), Indonesia masih berada pada level 1.

Menurutnya, hanya DKI Jakarta yang pada level 3 dan Banten yang berada pada level 2.

“Angka ini sendiri kita bandingkan dengan angka hospitalisasinya masih relatif sangat rendah. Kemudian kita juga bandingkan dengan angka fatalitasnya masih relatif sangat rendah di bawah standar WHO,” ungkapnya.

Selain itu, Budi juga mengungkapkan, Kemenkes mencatat pasien Covid-19 yang meninggal didominasi orang yang belum divaksin, atau yang baru divaksin satu kali. “Sedangkan yang sudah divaksin dua kali jauh menurun persentase fatalitasnya atau yang wafat kalau terkena, dan yang di booster sudah sangat menurun persentase yang wafatnya atau kalau kena,” urainya.

Oleh karena itu, kata Budi, Presiden meminta seluruh jajarannya untuk segera mempercepat vaksinasi. Terutama vaksinasi dosis ketiga atau booster.

“Bapak Presiden memberikan arahan agar vaksinasi booster itu dipercepat. Beberapa kegiatan masyarakat nanti akan kita minta agar diwajibkan vaksinasi booster dengan tujuan untuk melindungi masyarakat kalau terkena jangan sampai masuk rumah sakit dan jangan sampai wafat,” lanjutnya.