Kemenhub: Masyarakat dalam Kondisi Duka Cita Boleh Mudik

0
(0)

Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akhirnya memutuskan masyarakat yang dalam kondisi mendesak untuk diperbolehkan mudik atau pulang ke kampung halamannya. Hal itu akan diatur di dalam turunan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 25 tahun 2020.

Sebelumnya, Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati, kepada Indonesiainside.id menjelaskan bahwa masyarakat yang diperbolehkan mudik adalah mereka yang dalam kondisi duka cita karena keluarga inti meninggal di kota lain. Selain itu, perizinan mudik juga diberikan kepada petugas sektor kesehatan atau sektor strategis lain yang harus datang ke kota lain, dan murid-murid sekolah asrama yang sekolahnya ditutup dan harus pulang ke kota lain.

Ketika ditanya mengenai langkah antisipasi dari pemerintah ketika ada masyarakat yang melanggar atau melakukan pembohongan semata demi bisa mudik, Adita belum bisa banyak berkomentar. “Ditunggu saja nanti surat edarannya. Karena sekarang sedang dalam pembahasan,” ujar dia kepada.

Saat ini, kata Adita, Kemenhub tengah menyusun surat edaran dari masing-masing dirjen di masing-masing sektor moda transportasi, yaitu dari dirjen perhubungan darat, laut, darat, dan perkeretaapian. Surat edaran dirjen nantinya akan mengatur kegiatan penyediaan transportasi (darat, laut, udara dan kereta api). Hal itu digunakan untuk bepergian bagi masyarakat dengan kebutuhan yang penting dan mendesak, namun harus dilaksanakan sesuai dengan tata cara physical distancing yang telah diatur dalam Permenhub 18/2020.

Saat ini, kata Adita, Kemenhub tengah menyusun surat edaran dari masing-masing dirjen di masing-masing sektor moda transportasi, yaitu dari dirjen perhubungan darat, laut, darat, dan perkeretaapian. Surat edaran dirjen nantinya akan mengatur kegiatan penyediaan transportasi (darat, laut, udara dan kereta api). Hal itu digunakan untuk bepergian bagi masyarakat dengan kebutuhan yang penting dan mendesak, namun harus dilaksanakan sesuai dengan tata cara physical distancing yang telah diatur dalam Permenhub 18/2020.(PS)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Berkas Lengkap, Lucinta Luna Segera Disidangkan Sebelum Idul Fitri 2020

Sat May 2 , 2020
0 (0) Jakarta – Berkas kasus penyalahgunaan narkotika yang menjerat selebriti Lucinta Luna sudah dinyatakan lengkap atau P21 oleh Kejaksaan Negeri Jakarta Barat. Artinya dalam waktu dekat ini kasus yang menjerat Lucinta Luna akan segera disidangkan. Kasie Intel Kejaksaan Negeri Jakarta Barat, Edwin Beslar mengatakan, saat ini pihaknya tengah melengkapi […]