Wednesday, June 23

Kemah Nusantara Digelar, Desak Pembentukan Provinsi Kepton

Baubau: Wacana pembentukan Kepulauan Buton (Kepton) yang diusulkan Sultan Buton terus digaungkan masyarakat Kepulauan Buton. Terkini, Gerakan Masyarakat Kepulauan Buton (Geram Kepton) rencananya akan menggelar Kemah Nusantara bertempat di Kantor DPRD Sulawesi Tenggara (Sultra) di Kota Kendari yang pada Senin (7/6/ 2021).

Langkah tersebut merupakan bagian upaya mengawal maklumat Sultan Buton demi mempercepat pembentukan Provinsi Kepulauan Buton (Kepton) yang sejak lama diidamkan masyarakat Buton.

Koordinator Lapangan Organisasi Gerakan Masyarakat Kepulauan Buton (Geram Kepton) Masrizal Masud mengatakan, Kemah Nusantara akan dihadiri ada 250-an perwakilan organisasi di Kepulauan Buton.

“Sebenarnya animo masyarakat yang ingin berangkat kesana sangat banyak, hanya saja kita lagi berhadapan dengan urusan pandemi,”tambahnya.

Menurut Rizal, perjuangan pergerakan pemekaran kepton sebelumnya telah cukup optimal. Namun butuh kebangkitan lebih, utamanya semangat leluhur melalui maklumat Sultan Buton saat ini untuk meyakinkan pemrintah Provinsi dan Pusat bahwa Kepton sangatlah layak untuk menjadi daerah otonomi baru.

Lanjutnya, hasil kunjungan badan legistatif DPR RI 1 Juni, melalui program Legislasi Nasional Prioritas 2021, pembahasan pemekaran batas akhirnya hingga 2024. (imr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *