by

Kejati DKI Kembalikan Aset Negara Ratusan Miliar

Jakarta: Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta mengembalikan aset PT Pelindo Regional 2 dan PT Pelindo Solusi Logistik. Pengembalian aset itu terkait pemulihan aset berupa sejumlah lahan di Jakarta senilai Rp 376 miliar.

Pengembalian aset ini kemudian diteruskan kembali dengan MoU antara para pihak di atas. Sehingga sejumlah aset milik BUMN dapat terjaga dengan baik.

“Kerja sama ini dilakukan dalam bidang tata usaha negara yang pada intinya ini melanjutkan yang sebelumnya sudah berjalan,” kata Kepala Kejati DKI Jakarta Febrie Adriansyah, dalam konferensi pers di Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (18/11/2021).

Banyak masalah yang memang diakui ada di bidang keperdataan dan tata usaha negara yang dialami BUMN. Setidaknya, masalah itu terkait dengan urusan status aset dan perjanjian dengan mitra kerja.

“Sering kali ada beberapa perjanjian yang tidak sesat tetapi beberapa tahun kemudian menimbulkan masalah, tidak saja di bidang perdata, bahkan ini bisa bergeser ke ruang lingkup pidana,” ucap Febrie.

Pelindo Regional II turut berterima kasih karena telah dibantu mendapatkan kembali asetnya. Besar harapan aset ini bisa dimanfaatkan lebih lanjut.

“Aset-aset kami termasuk ini dalam rangka menunjang arus barang maupun arus kapal melalui Tanjung Priok. Dengan kerja sama ini kami berharap akan lebih cepat membantu pemulihan ekonomi,” ucap General Manager Pelindo Regional II cabang Tanjung Priok, Silo Santoso, dalam kesempatan yang sama.

Berikut ini aset yang dipulihkan:

1. Tanah dengan hak pengelolaan lahan (HPL) PT Pelabuhan Indonesia II Cabang Sunda Kelapa senilai Rp 251.475.708.000 dan Rp 929.000.000 yang berlokasi di Pelabuhan Sunda Kelapa. Untuk penanganannya diurus tim jaksa pengacara negara dari Kejaksaan Negeri Jakarta Utara.

2. Tanah di Kebon Bawang Yos Sudarso dan Bidaracina dengan HPL PT Pelindo senilai Rp 117.600.000.000 dan Rp 6.000.000.000. Untuk penanganannya diurus tim jaksa pengacara negara dari Kejati DKI Jakarta. (imr)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *