by

Kecelakaan Truk Pertamina, KNKT Duga Kegagalan Pengereman

Bekasi: Kecelakaan truk tangki Pertamina di lampu merah pertigaan CBD, Cibubur, Bekasi, Jawa Barat diduga terjadi karena kegagalan pengereman.

Senior Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Ahmad Wildan mengungkapkan, untuk membuktikan dugaan tersebut, pihaknya akan mencari tahu faktor penyebab dengan melakukan pengujian ulang.

“Kegagalan pengereman ini masih dalam bentuk hipotesa dan perlu pengujian, akan saya lakukan uji hipotesa saya betul atau tidak,” kata Wildan, Rabu (20/07/2022).

Ia menambahkan, pengujian ulang dengan sejumlah metode merupakan upaya KNKT memvasilidasi dugaan kegagalan pengereman.

“Saya memeriksa sistem remnya, sesuai penjelasan pengemudi,” imbuhnya.

Sekedar informasi, kecelakan maut terjadi pada hari Senin 18 Juli 2022 di Jalan Alternatif Cibubur itu mengakibatkan 10 orang meninggal dunia, dan 5 luka.

Terkait itu, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman memastikan pihaknya akan mendalami penempatan lampu merah di jalan turunan tersebut.

Latif menilai, pemasangan lampu merah di lokasi tersebut tidak layak dan justru berpotensi menimbulkan kecelakaan. Ia pun mengusulkan, agar lampu merah tersebut dibongkar dan persimpangannya ditutup permanen.

Terkait itu, Wildan menegaskan, KNKT lebih fokus kepada persoalan kegagalan pengereman, bukan pada persoalan posisi lampu merah, yang dinilai salah.